HSE Award untuk Apresiasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Mitra Ciputra

Guna mengapresiasi mitra kontraktor yang telah berkontribusi dalam membangun propertinya, PT Ciputra Residence meluncurkan sistem manajemen Health, Safety and Environment (HSE) dan menggalakan program ini sebagai sebuah budaya yang diterapkan di semua proyek yang dibangunnya. Program HSE atau yang lebih dikenal dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) di Indonesia diimplementasikan oleh para kontraktor yang menjadi mitra di setiap proyek.

DSC_0517”Kami sebagai salah satu pengembang pertama di Indonesia yang melaksanakan HSE Awards 2015 sangat mendukung program Visi K3L Nasional yaitu menciptakan Indonesia Berbudaya K3L tahun 2015 sehingga kami mewajibkan setiap pekerja yang terlibat dalam proyek untuk memahaminya untuk mewujudkan terciptanya budaya keselamatan kerja yang kuat sehingga bersama-sama mewujudkan bangunan kualitas hunian atau area komersial yang terbaik untuk konsumen.” ujar Presiden Direktur PT Ciputra Residence, Budiarsa Sastrawinata.

Selanjutnya untuk mengapresiasi keterlibatan dengan total 85 mitra kontraktor yang terdiri dari kontraktor bangunan, infrastuktur dan lingkungan serta taman, maka PT Ciputra Residence berinisiatif menyelenggarakan penganugerahan HSE Awards 2015 pertama kalinya hari ini di Ciputra Artpreneur untuk memilih mitra kontraktor terpilih yang berkomitmen dan konsisten melaksanakan program Health, Safety and Environment (HSE) di masing-masing proyek. Mitra kontraktor yang selama ini telah bekerja sama dengan PT Ciputra Residence terdiri dari 38 kontraktor bangunan, 31 kontraktor infrastruktur dan 16 kontraktor lingkungan serta taman.

Mitra-mitra kontraktor ini menjalankan pekerjaannya untuk proyek-proyek di bawah PT Ciputra Residence, semisal CitraRaya Tangerang, CitraGarden City Jakarta, CitraGarden City Aeroworld 8, City Palembang, CitraRaya City Jambi , CitraLake Suites – CitraGarden City, CitraLakes Sawangan, Citra Maja Raya, dan sebagainya.

Proses penilaian dilakukan pihak internal dengan mengacu pada aturan yang berlaku, sistem monitor dan evaluasi yang menyeluruh. Kriteria-kriteria yang ditetapkan untuk penilaian mitra kontraktor dalam berpartisipasi di HSE Awards 2015 adalah Leading Indicators atau indikator positif yang diterapkan untuk meningkatkan kinerja HSE. Aktivitas-aktivitas yang mendukung kriteria-kriteria ini antara lain program training atau sosialisasi HSE oleh Ciputra Residence , meeting bulanan HSE oleh Ciputra Residence, Briefing HSE oleh kontraktor kepada para pekerja, Program HSE yang akan dilakukan oleh kontraktor.

Hal lain yang diperhatikan dalam penilaian adalah Lagging Indicators atau penilaian terakhir yang dilakukan untuk melihat apakah program tersebut berhasil dan sesuai dengan harapan. Parameter penilaiannya meliputi jumlah kecelakaan yang mengakibatkan hilangnya waktu kerja, hasil inspeksi, hasil audit, serta hasil penilaian kontraktor per proyek bulanan.

Associate Director PT Ciputra Residence, Jusanto Harijatno, berharap dengan adanya penghargaan ini, akan meningkatkan awarenes dari kontraktor terhadap keselamatan bekerja sehingga tercipta budaya keselamatan bekerja di Indonesia. “ Harapan kami ke depan agar program HSE ini menjadi dasar untuk mewujudkan Indonesia Berbudaya Keselamatan Kerja sehingga siap menghadapi persaingan dunia.” tutupnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)