IIF Fokus Bidik Pembiayaan Infrastruktur

PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) tetap fokus menggarap pembiayaan di bidang infrastruktur. Perusahaan yang dirintis sejak tahun 2012 menyediakan berbagai fasilitas pembiayaan jangka panjang dalam bentuk Senior Loan (pinjaman jangka panjang) dan Mezzanine (pinjaman subordinasi atau pinjaman kuasi ekuitas).

Selain itu, IIF juga menyediakan jasa konsultasi sebagai Financial Advisor untuk investor proyek. Dalam fungsinya sebagai agent of development, IIF juga menyediakan jasa sebagai Transaction Advisor untuk pemerintah daerah atau kementerian/lembaga di pemerintah pusat serta memberikan saran mengenai kebijakan infrastruktur kepada penyusun kebijakan.

IIF Finance

Menurut Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama IIF, dalam hal pembiayaan, IIF menyediakan dana untuk proyek pembangkit tenaga listrik, penyediaan air bersih, telekomunikasi, jalan tol dan infrastruktur transportasi udara. Hingga, akhir November 2013 nilai komitmen telah mencapai Rp 2 triliun. "Targetnya tahun ini diharapkan pembiayaannya mencapai nilai Rp 2,7 triliun," katanya.

Kartika menambahkan, tahun 2014 IIF menargetkan untuk semakin aktif membiayai berbagai proyek, selain meningkatkan pendanaan sekitar Rp 4 triliun, IIF juga akan memperluas fokus sektoral sektor pelabuhan dan infrastruktur distribusi gas.

Salah satu keunggulan IIF adalah dalam situasi makro ekonomi yang tidak pasti, IIF tetap dapat menyediakan pembiayaan US dolar jangka panjang untuk proyek-proyek infrastruktur di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari dukungan lembaga multilateral yang menyediakan sumber dana IIF, seperti World Bank dan Asian Development Bank. Sementara lembaga keuangan lain pada umumnya masih sulit menyediakan pembiayaan US dolar yang kompetitif untuk jangka panjang.

Saat ini IIF telah terlibat dalam proses transaksi KPS SPAM Semarang Barat yang akan memasuki tahap lelang di 2014 dan proyek KPS Pembangkit Listrik Geothermal di Sulawesi Tengah. “Kami yakin di tahun-tahun mendatang IIF dapat memberikan kontribusi nyata yang semakin luas dalam mendukung pendanaan proyek-proyek infrastruktur swasta komersial," ujar Kartika. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)