Ikuti Tren Dunia, Matahari Makin Bersinar

Apa rahasia Matahari Departemen Store (MDS) menjadi departement store pertama dan terbesar di Indonesia? Sebagai pemain ritel, Matahari telah memiliki 137 gerai yang tersebar di 165 kota di seluruh Indonesia.

Melalui produk-produknya yang sesuai tren, Matahari mampu menampilkan kinerja mengagumkan. Sederet prestasi berhasil diraih, masuk Top 5 Fatest Growing Company se-Asia Pasifik dari CNBC, Service Quality Award, Corporate Image Award, Top Brand Award untuk perusahaan dan merk eksklusif yang ada di Matahari.

Saham Matahari dengan kode LPPF di Bursa Efek Indonesia ini juga termasuk yang diminati oleh investor dan masuk dalam Index Morgan Stanley yang diakui secara internasional dan IDX 30. Director-Legal & Corporate Secretary Matahari, Miranti Hadisusilo mengatakan, Matahari memiliki produk fesyen sesuai tren internasional.

“Perusahaan selalu memantau model pakaian yang akan muncul di luar negeri dengan mengikuti berbagai macam seminar dan kunjungan untuk produk yang ada di luar negeri,” katanya.

matahari miranti Director-Legal & Corporate Secretary Matahari, Miranti Hadisusilo

Dengan terus meningkatkan jumlah gerai, lanjut dia, Matahari bisa dikatakan paling ekspansif. Tak heran, pangsa pasar anak usaha Grup Lippo ini lebih tinggi dibanding para kompetitornya.

Dari data Euromonitor International, pangsa pasar Matahari mencapai 37,4% hingga akhir tahun 2014, naik dari 34,4% di tahun sebelumnya. Pangsa pasar Matahari terus naik secara konsisten, dari 25,9% per akhir tahun 2008 ke 37,4% per akhir tahun 2014.

“Pada tahun 2011, Matahari merger dengan MEDO Indonesia selaku pemegang saham. Jadi, Matahari, tak perlu lagi membayar royalti karena sudah dimiliki sendiri. Sehingga, investor bisa lebih percaya,” katanya.

Untuk meningkatkan layanan, kata dia, Matahari meluncurkan customer service online, Halo Matahari, tempat dimana konsumen bisa menyampaikan secara langsung pertanyaan ataupun keluhan yang dirasakan atas pelayanan Matahari.

“Kami juga mengubah design dan layout toko atau gerai agar customer lebih nyaman saat berbelanja. Kami terus meningkatkan efisiensi sehingga biaya operasional bisa ditekan,” katanya.

Untuk meningkatkan penjualan, Matahari juga melakukan kerjasama dengan MasterCard melalui pada tahun 2015. Total member MCC adalah 7 juta dan 2,9 juta tercatat sebagai member aktif.

“Matahari selalu konsisten, fokus di bidang retail fashion, menyediakan produk yang berkualitas, melakukan ekspansi dengan menambah jumlah gerai, dan meningkatkan customer service,” katanya.

Ke depan, perseroan akan memperkuat kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan melakukan pelatihan secara kontinu, menyeimbangkan kemampuan SDM dengan penambahan jumlah gerai. Pada jabatan Store Manager, Matahari juga masih mempekerjakan SDM lokal. (Reportase: Tiffany Diahnisa)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)