Management Strategy

IMA: Bali Perlu Perkuat Nation Branding

IMA: Bali Perlu Perkuat Nation Branding

Ketua Umum Indonesia Marketing Association (IMA) yang juga Dirut PT Garuda Indonesia, Arif Wibowo, menegaskan bahwa IMA chapter Bali perlu memperluas aktivitas promosi dan marketing serta meningkatkan kerjasama dengan pemerintah baik di pusat dan daerah serta organisasi dan lembaga lainnya untuk memperluas skala nation branding Indonesia di kancah global secara signifikan.

“IMA selaku organisasi perlu mendorong kreativitas pemasaran, tidak hanya di bidang turisme tetapi juga perlu memperluas perannya pada bidang bisnis yang lebih luas, di antaranya bagi pelaku usaha skala kecil dan menengah. IMA dapat membantu dengan memberikan metode-metode pemasaran modern yang efektif sehingga dapat meningkatkan daya saing daerah dan nasional,” kata Arif Wibowo saat melantik tiga pengurus cabang daerah di Bali, yaitu IMA chapter Denpasar, Badung, dan Gianyar, yang dihadiri sekitar seratus para pelaku pemasaran di Bali.

Menurut dia, nation branding berpotensi untuk meningkatkan daya saing nasional. Sebagai bentuk representasi dari negara secara strategis dengan tujuan menciptakan modal reputasional bangsa. Nation branding diharapkan dapat menciptakan reputasi kapital melalui promosi bagi kepentingan ekonomi, sosial dan budaya, bahkan di bidang politik baik di dalam maupun luar negeri.

ARIF WIBOWO - IMA BALI 2

“Reputasi yang baik dari sebuah negara merupakan hal yang harus dimiliki, terutama di era pasar global. Dengan memiliki reputasi yang baik, suatu negara akan mendapat kepercayaan dari negara lainnya untuk bekerjasama dan tidak lagi dipandang sebelah mata dalam partisipasinya di kompetisi global,” kata Arif Wibowo yang juga Ketua Umum INACA (Asosiasi perusahaan penerbangan nasional Indonesia).

Dengan membangun nation branding, Indonesia sebagai bangsa kreatif akan fokus pada kreativitas di semua sektor. Efek dari hal tersebut adalah meningkatnya ekspor produk kreatif ke luar negeri dan memicu munculnya rasa kebanggaan dalam diri rakyat Indonesia. Dalam hal ini, setidak-tidaknya nation branding yang terbentuk dilihat dari sektor pariwisata, investasi, perdagangan dan ekonomi kreatif.

“Oleh karena Bali telah memiliki reputasi internasional, maka dirasakan perlu untuk terus meningkatkan nation branding Indonesia di kancah global secara signifikan lagi,” katanya.

Adapun, pengurus IMA Bali yang dilantik adalah sebagai berikut, President IMA Chapter Denpasar Ida Bagus Sidharta Putra, Executive Vice President Syamsuddin Jusuf Soeb, dan sebagai Sekjen Yumeri, President IMA Chapter Badung Anak Agung Gde Pratista, Executive Vice President Reza Sunardi, dan Sekjen I Nyoman Astama. Sedangkan President IMA Chapter Gianyar adalah Tjokorda Gde Agung Ichiro Sukawati, Executive Vice President Pande Mahayana Adityawarman, dan Sekjen dijabat Pande Sutawan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved