Management Strategy

Indonesia Creative Power 2013, Ruang Ekspresi Orang Kreatif Indonesia

Oleh Admin
Indonesia Creative Power 2013, Ruang Ekspresi Orang Kreatif Indonesia

Indonesia Creative Power (ICP) 2013 kembali dilangsungkan tanggal 27 November- 1 Desember 2013 di Epiwalk, Jakarta. Mengusung tema ‘Yang Kreatif, Yang Berdaya Saing’ acara ini akan menjadi ajang kreatif terbesar tahun ini dengan hadirnya para pelaku kreatif yang berbagi wawasan serta pengetahuan untuk memberikan inspirasi ide kreatif bagi masyarakat luas.

Ajang ICP 2013 merupakan bentuk nyata dari dukungan pemerintah terhadap ekonomi kreatif, dimana melalui event ini, masyarakat diberikan ruang untuk mengekspresikan karya kreatifnya. “ekonomi kreatif sangat penting bagi Indonesia dan dunia karena perkembangannya yang pesat.

Creative Power

Menurut penelitian terbaru UNESCO dan UNDP, bukan hanya dampak yang besar terhadap pendapatan, penciptaan lapangan kerja, dan nilai ekspor, ekonomi kreatif juga berkontribusi penting terhadap kesejahteraan dan pembangun berkelanjutan. Melalui ICP 2013 kami ingin masyarakat dapat melihat dan merasakan langsung kemajuan konkret dari ekonomi kreatif Indonesia” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Mari Elka Pangestu, yang datang diwakili oleh staf departemennya.

Pertumbuhan yang cukup signifikan dari sektor industri kreatif, tentunya menjadi pendorong yang menggembirakan bagi pemerintah untuk terus memberikan dukungan. Angka sementara pencapaian ekonomi kreatif 2013 (data BPS, statistik ekonomi kreatif 2013) menyatakan sektor ini pertumbuhannya mencapai 5,76%, diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,74%.

Kontribusi ekonomi kreatif terhadap PDB Indonesia mencapai Rp 642 triliun, atau 7% dari angka nasional. Sub- sektor ekonomi kreatif yang memberikan sumbangan yang terbesar adalah kuliner dan fashion dengan nilai masing-masing Rp 209 triliun (32,5%) dan Rp 182 triliun (28,3%). “pertumbuhan ekonomi kreatif saat ini berada diatas pertumbuhan rata-rata nasinal. Kenaikan juga diperlihatkan dari nilai PDB Ekonomi Kreatif sebesar Rp 642 triliun atau naik 7% dibanding tahun sebelumnya,” tambahnya.

Mengenai acara dari ICP 2013 itu sendiri, merupakan tema besar yang diusung Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) sejak 2012. ICP bertujuan sebagai wadah kreatif yang difasilitasi negara untuk masyarakat kreatif Indonesia. adapun yang ditampilkan di ICP 2013 antara lain hasil terbaik dari 15 sub- sektor industri kreatif yang terdiri dari arsitektur, desain, film video dan fotografer, kerajinan, kuliner, musik, mode, penerbitan dan lain-lainnya.

Salah satu pengunjung ICP 2013, Imam merasa senang dengan pameran ICP 2013 ini, selain mengadakan stand indsutri kreatif Indonesia yang beragam, pengunjung juga mendapat informasi dan edukasi tambahan mengenai industri kreatif Indonesia yang berbagai macam. Sebut saja pada stand kuliner, pengunjung jadi mengetahui jenis makanan khas Indonesia lainnya yang jarang diketahui. “acara ini sangat menarik, selain mengetahui banyak informasi, kami pengunjung juga seperti dijembatani oleh ICP ini dengan penjualnya langsung” ujar pengunjung yang sengaja datang bersama teman-temannya ke Epiwalk Centrum ini. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved