Indonesia Konsumen Mie Instan terbanyak Ke-2 di Dunia

Asosiasi Mie Instan Dunia (WINA), mengumumkan penjualan mie instan secara global mencetak angka 100 miliar bungkus per tahun. Lima dekade setelah makanan cepat saji ini diluncurkan, penjualannya terus melonjak.

China mengonsumsi 44 miliar bungkus mie instan setiap tahun, disusul Indonesia dengan 14,5 miliar bungkus. Jepang dan Vietnam berada di peringkat ketiga dan keempat dengan 5,4 miliar dan 5,1 miliar bungkus.

"Hasil ini menunjukkan bahwa mie instan telah menjadi makanan standar global. Kami merasa penjualan global akan terus meningkat, terutama di sejumlah negara berkembang," kata Norio Sakurai dari WINA, sebuah asosiasi yang berbasis di Osaka, Jepang.

Mie instan yang hadir dalam berbagai variasi rasa dan cara pengolahan, pertama kali dibuat pada 1958 oleh warga Jepang Momofuku Ando, pendiri perusahaan Nissin Foods.

Menurut informasi di situs Asosiasi Mie Instan Dunia, mie kering itu merupakan "sebuah revolusi dalam budaya kuliner" dan pada 1971 ia memperkenalkan mie instan dalam mangkok yang lebih praktis lagi.

Dari 101,4 miliar bungkus yang terjual di seluruh dunia tahun lalu, China termasuk Hongkong membeli 44,0 miliar, Indonesia 14,1 miliar, Jepang 5,4 miliar dan Vietnam sekitar 5,1 miliar. (AFP/Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)