Indosat Modernisasi Jaringan di 40 Kota Pulau Jawa

Pulau Jawa masih menjadi sasaran utama modernisasi jaringan PT Indosat. Setelah program modernisasi jaringan di 23 kota-kota besar di Indonesia rampung, perseroan kini menggeber pergantian jaringan 2G menjadi 3G di 40 kota di Pulau Jawa. Modernisasi jaringan di Pulau Jawa ini ditargetkan kelar sebelum Hari Raya Lebaran tahun ini.

“Sehingga, masyarakat bisa menikmati layanan data dan suara yang berkualitas bersama Indosat. Modernisasi Jaringan menjadi program dan fokus utama kami selama 2 tahun terakhir, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan,” kata Fuad Fachroeddin, Group Head Corporate Communications Indosat di sela-sela diskusi dengan media.

Joko Riswadi, Division Head Network Optimization Indosat saat melakukan Drive Test jaringan Indosat di Lombok. Joko Riswadi, Division Head Network Optimization Indosat saat melakukan Drive Test jaringan Indosat di Lombok.

Menurut dia, tujuan utama modernisasi jaringan adalah memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam menggunakan layanan Indosat, serta dalam rangka memperkokoh posisi kami menjadi pemimpin pasar untuk layanan data di Indonesia. Ini sejalan dengan tren kebutuhan masyarakat yang tinggi untuk layanan data. “Layanan suara dan SMS telah menurun. Tren global kini pindah ke layanan data. Bisnis telekomunikasi ke depan adalah data,” katanya.

Andromeda Tristanto, Division Head Investor Communications Indosat di sela acara Drive Test Jaringan Baru Indosat di Lombok, menambahkan, perseroan telah mengalokasikan anggaran belanja modal untuk modernisasi jaringan di 40 kota di Pulau Jawa sebesar Rp 7,5 triliun. Sebanyak 80% dari anggaran belanja modal akan digunakan untuk mendukung data bisnis. “Di sini, kami tidak hanya bicara soal jaringan, tetapi juga sistem, billing, termasuk data warehouse-nya,” katanya.

Tes Jaringan

Untuk membuktikan kualitas Jaringan Baru Indosat 42 Mbps di Lombok, Indosat melakukan uji jaringan (drive test) di kota Mataram dengan melakukan browsing, upload file, dan melihat HD video serta live streaming. Hasilnya, kecepatan maksimal download mencapai 18,8 Mbps dengan rata-rata 8,3 Mbps. Sementara itu, kecepatan upload maksimal mencapai 5,5 Mbps dengan rata-rata 2,5 Mbps. Live streaming Youtube kualitas HD berhasil dilakukan sepanjang drive test tanpa adanya buffering.

Pengujian kualitas suara juga dilakukan saat drive test dengan mencoba fitur HD Voice yang dapat dinikmati sepanjang perjalanan. Fitur HD Voice memungkinkan pelanggan Indosat mendapatkan pengalaman menikmati kualitas layanan suara yang lebih jernih, jelas dan seolah tanpa jarak saat melakukan panggilan dengan memanfaatkan layanan Indosat.

Fitur Voice HD merupakan fitur untuk meningkatkan kualitas suara menjadi lebih jernih, dengan mengaktifkan AMR WB (Adaptive Multi Rate Wideband) yang memungkinan penggunaan frekuensi untuk aplikasi voice dari maksimum 3400 Hz menjadi dua kali lipat yaitu 7000 Hz. Fitur dengan didukung perangkat berteknologi canggih ini mampu meningkatkan kualitas suara yang sangat jernih melalui jalur frekuensi yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)