Industri Otomotif Lesu, Bisnis Shop&Drive Malah Tumbuh 30%

IMG_4335

Shop&Drive didirikan pertama kali di tahun 1998 dengan nama Super A. Di tahun 2000 Super A berganti nama menjadi Shop&Drive. Ini merupakan salah satu bisnis ritel otomotif milik PT Astra Otoparts Tbk.

Didukung oleh supplai barang dari Astra, Shop&Drive menjadi bisnis ritel terbesar di Indonesia. Di ulang tahunnya ke 17, Shop&Drive meluncurkan aplikasi untuk Android. Fitur-fitur yang ada di aplikasi ini adalah menyimpan riwayat servis dan reminder servis berkala mobil,baik secara otomatis berdasarkan kunjungan pelanggan ke outlet atau secara manual.

Selain itu, reminder tanggal jatuh tempo SIM dan STNK bisa diatur di aplikasi ini. Khusus pelanggan Shop&Drive, pelanggan bjsa melihat data dan riwayat servis secara real time. Pengguna juga dapat melakukan panggilan ke call center untuk melakukan pembelian aki (Battery Home Delivery/BHD).

Aplikasi ini juga memberikan informasi promo-promo yang sedang berlangsung. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk mengumpulkan database konsumen sehingga mempermudah pembidikan pasar. Untuk investasi pembuatan aplikasi, Shop&Drive mengeluarkan dana Rp 150 juta.
BHD merupakan inovasi yang dikeluarkan Shop&Drive untuk pengantaran aki untuk kondisi mendesak. Misalnya ketika pengendara sedang dalam perjalanan tiba-tiba aki mobil mengalami kerusakan. Pengendara cukup menelpon call center BHD nanti akan petugas dari BHD yang akan mengantarkan dan memasangkan aki.
Meskipun industri tahun ini mengalami penurunan, Shop&Drive mampu tumbuh 30%. Saat ini Shop&Drive memiliki 363 outlet yang tersebar di Jawa, Bali, Sumatera, Batam, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Sedangkan Super Drive memiliki 9 outlet yang tersebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Malang.
Sebesar 30%  outlet Shop&Drive dimiliki oleh franchisee. Di tahun 2016, Shop&Drive berencana untuk mengaktifkan franchise kembali untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan masyarakat Indonesia. "Kami harap ke depannya hubungan dengan para mitra dapat semakin baik dan dapat tumbub besar bersama-sama," tutup Harry Suwondo, Retail Division Head Shop&Drive. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)