Informasi Digital Mempercepat Layanan Kesehatan

Saat ini teknologi digital sudah banyak mengubah kehidupan. Salah satu manfaat yang dihadirkannya adalah akses informasi secara real-time. Ketersediaan informasi real-time membantu pengambilan keputusan yang efektif dan akurat dalam waktu singkat. Industri layanan kesehatan adalah salah satu di antara berbagai industri yang memanfaatkan analisa data secara real-time, misalnya untuk meningkatkan customer experience dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di saat-saat penting dalam hidup mereka.

Permintaan akan tanggapan yang cepat dan peningkatan kualitas layanan menjadi semakin diperlukan, sejalan dengan perubahan yang dibawa oleh teknologi digital terhadap peta persaingan di industri, termasuk terhadap layanan kesehatan. Masyarakat dewasa ini telah terbiasa dengan arus informasi yang cepat dari media sosial, dan mereka terus mengikuti perkembangan teknologi digital.

telkomstra

Hal ini membuat institusi layanan kesehatan perlu berpikir jauh ke depan untuk bisa terus memenuhi harapan konsumen yang semakin tinggi. Ketersediaan informasi secara real-time ini telah membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan secara umum, juga mengenai asuransi kesehatan dan layanan kesehatan, terutama saat ini ketika pemerintah secara aktif melaksanakan program jaminan kesehatan nasional (BPJS Kesehatan).

Teknologi digital membantu para penyelenggara layanan kesehatan dengan menyediakan alat yang tepat untuk memenuhi permintaan pasar dan membantu mereka mengembangkan layanan-layanan yang inovatif. Hasilnya, industri kesehatan di Indonesia telah berkembang pesat, dan berbagai rumah sakit bermunculan untuk mengakomodasi populasi warga yang meningkat.

Peran teknologi digital dalam industri kesehatan dapat dilihat dalam berbagai hal. Misalnya, untuk membantu sinkronisasi data pasien dalam berbagai layanan asuransi rumah sakit, atau menyediakan akses ke catatan medis pasien kepada para praktisi kesehatan, untuk menentukan ruang lingkup layanan perlu mereka sediakan. Hal ini memastikan agar dokter dapat menggunakan informasi secara real-time untuk memberikan rekomendasi yang tepat bagi pasien. Catatan medis yang tersedia dan terdokumentasi dengan jelas bermanfaat untuk pasien yang perlu dirujuk atau dipindahkan ke rumah sakit lain.

Dengan memiliki data pasien yang dapat diakses secara online, selama ada koneksi internet rumah sakit dapat mengakses data ini dari berbagai lokasi. Dengan menyimpan data di Cloud dan dapat diakses oleh pihak-pihak yang berwenang bukan hanya menjamin kualitas layanan konsumen, tapi juga mengurangi tindakan-tindakan yang tidak perlu, sehingga meningkatkan efisiensi bagi profesi medis secara keseluruhan.

Selain pengumpulan data, perangkat kesehatan saat ini sudah siap untuk mendukung teknologi digital, terutama dalam proses pasien rawat jalan, di mana data tertentu seperti berat badan, suhu tubuh, pemantauan detak jantung, dan hasil radiograf dapat disampaikan secara real-time dengan konsep Internet of Things (IoT) yang menghubungkan perangkat-perangkat dengan Cloud. Manfaat lain dari teknologi digital untuk layanan kesehatan adalah kecepatan pelayanan serta data yang lebih lengkap dan lebih aman. Pasien pun tak perlu lagi membawa-bawa catatan medis dalam bentuk fisik.

Sebagai tindakan pencegahan, institusi kesehatan juga perlu melakukan perawatan jaringan rutin untuk melindungi sistem mereka dari serangan cyber atau ancaman malware yang dapat merusak dan menghancurkan data penting.

Rumah Sakit Mitra Keluarga adalah salah satu contoh rumah sakit terkemuka di Indonesia yang modern dengan layanan digital yang komprehensif. Dengan teknologi digital, rumah sakit dapat menerapkan proses secara real-time dalam operasionalnya, termasuk untuk manajemen keuangan, pengadaan barang, pengelolaan barang, serta penagihan dan catatan medis elektronik.

Sistem digital Rumah Sakit Mitra Keluarga memfasilitasi kolaborasi dan pertukaran data secara real-time antara pasien, dokter, dan perawat, yang menghasilkan diagnosa yang lebih akurat. Solusi penagihan secara digital juga memungkinkan penagihan dari berbagai departemen (untuk perawatan yang berbeda) dikonsolidasikan menjadi satu tagihan, serta dapat membantu mengurangi kebocoran pendapatan. Rumah Sakit Mitra Keluarga menggunakan sistem Family Partner untuk mengelola informasi digital yang memungkinkan pelayanan yang cepat secara berkesinambungan, serta efisiensi proses bisnis dan operasional untuk menjamin kemajuan yang efektif dan terukur di semua cabang.

Rumah Sakit Mitra Keluarga dan organisasi-organisasi lainnya yang berhasil menerapkan sistem digital menunjukkan berbagai manfaat yang bisa diambil dari sistem digital, dan memperkuat pentingnya bermitra dengan penyedia layanan jaringan yang dapat memenuhi kebutuhan transformasi digital, mulai dari proses instalasi, manajemen proses, dan uji keamanan untuk membangun sistem yang kebal terhadap serangan cyber.

Teknologi digital membawa banyak manfaat bagi industri kesehatan, dan dengan pendekatan yang tepat, tidaklah sulit mengadopsi teknologi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Namun, perlu juga diingat bahwa pada dasarnya yang diinginkan konsumen adalah kecepatan pelayanan dan kepraktisan. Penting untuk memahami kedua faktor ini, dan dengan penyedia layanan jaringan yang tepat, perusahaan akan dapat memanfaatkan teknologi digital untuk mendorong pertumbuhan bisnis, meningkatkan profitabilitas, serta meningkatkan kepuasan konsumen.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)