Ini Dia Perusahaan Multifinance Terbaik 2015

Para pemenanga APPI Award 2015 berpose bersama para juri. (Foto: Syukron Ali/SWA) Para pemenanga APPI Award 2015 berpose bersama para juri. (Foto: Syukron Ali/SWA)

Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) bersama Gaikindo dan Infobank kembali memberikan apresiasi kepada para anggota APPI yang dinilai layak mendapat predikat perusahaan pembiayaan terbaik tahun 2015. Menurut, Ketua Umum APPI, Suwandi Wiratno, jumlah anggota bertambah cukup signifikan.

“Pertama kali saya menjadi ketua umum anggota APPI sebanyak 150-an perusahaan, kini jumlah anggota kami sebanyak 193 perusahaan. Hal ini tentunya atas dasar dorongan dari OJK agar perusahaan multifinance bergabung di APPI,” jelas Suwandi dalam sambutannya sebelum pengumuman pemenang perusahaan pembiayaan terbaik tahun 2015 di hotel Raffles Kuningan, Jakarta (26/1/2016).

Sebagai informasi, dari 192 anggota APPI, sebanyak 147 perusahaan adalah kategori perusahaan pembiayaan swasta nasional. Sebanyak 42 anggota adalah perusahaan patungan dan sisanya 3 perusahaan kategori non finansial.

Untuk menjaring anggota yang terbaik pada 2015. APPI melakukan metodologi penjurian dengan landasan data keuangan dari OJK pada akhir tahun 2014. Salah satu kreteria yang diperhatikan adalah perusahaan tersebut memiliki jumlah piutang minimal sebanyak 40% dengan equitas minimun Rp 100 miliar.

Kemudian dilakukan penjaringan ke tahapan berikutnya hingga mencapai tahap growth of nett income positif. Adapaun kategori yang diberikan penghargaan dibagi menjadi tiga. Pertama perusahaan dengan aset di bawah Rp 1 triliun, kedua perusahaan dengan jumlah aset Rp 1-5 triliun dan yang terakhir perusahaan pembiayaan dengan jumlah aset besar lebih dari Rp 5 triliun.

Berikut nominasi yang masuk dalam ketiga kategori tersebut: Kategori perusahaan pembiayaan dengan aset di bawah Rp 1 triliun adalah: Danpac Finance, Hasjrat Multifinance, Mega Auto Finance, Mega Finance dan Rabana Investindo.

Nominasi kategori perusahaan pembiayaan dengan aset antara Rp 1-5 triliun adalah: Tiva Finance, Karya Teknik Multifinance, Mandala Finance, Bentara Sinergic Multifinance dan Maybank Indonesia Finance.

Sedangkan nominasi untuk kategori perusahaan dengan aset lebih dari Rp 5 triliun adalah Orix Indonesia Finance, Central Java Power, BCA Finance, Lipan Finance Indonesia dan Federal International Finance. (EVA)

Dan, inilah para pemenang sebagai perusahaan pembiayaan terbaik versi APPI 2015:

Kategori aset kurang dari Rp 1 triliun, adalah :
1. Mega finance
2. Hasjrat Multifinance
3. Mega auto finance

Kategori aset antara Rp 1 – 5 triliun, adalah:
1. Maybank Indonesia Finance
2. Mandala Finance
3. Bentara Sinergies Multifinance (Bess Finance)

Kategori aset lebih dari Rp 5 triliun, adalah:
1. BCA Finance
2. FIF Finance
3. Clipan Finance Indonesia

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)