Ini Kiat Sequis Center Raih Peringkat Gold dari Greenship

IMG_4008

Sequis Center yang didirikan tahun 1980 meraih peringkat gold dari Greenship. Greenship merupakan lembaga nirlaba yang berfokus pada transformasi bangunan di Indonesia. Sejak diterapkannya operasional gedung berbasis hijau dengan tolak ukur Greenship Existing Building 1.0, Sequis Center berhasil mencapai penghematan dalam penggunaan listrik hingga 28,12% dari baseline, dan penghematan penggunaan air hingga 28,26%.

Sequis Center termasuk gedung pertama di Indonesia yang menerapkan konsep bangunan hijau melalui penggunaan bahan Glassfiber Reinforce Cement sebagai shading di fasad bangunan. Keunikan bentuk shading pada fasad gedung ini berfungsi untuk mengurangi interaksi langsung sinar matahari sehingga mengurangi penggunaan pendingin udara di ruangan.

Kiat Farpoint, sebagai pengelola Sequis Center sejak tahun 2008 sehingga mendapat peringkat Gold adalah dengan efisiensi, penghematan air dan juga penghematan air. Hal ini dilakukan dengan cara mengganti berbagai perangkat yang lebih ramah lingkungan seperti penggunaan lampu LED dan kran air otomatis.

Kiat lainnya, siklus dan sumber daya material melalui pengelolaan sampah turut. Di setiap lantai di Sequis Center, ada ruangan untuk memisahkan sampah-sampah. Kiat-kiat lainnya adalah pengembangan lokasi gedung, kenyamanan dan kesehatan dalam gedung, dan pengelolaan gedung.

Didapatnya peringkat gold dari Greenship merupakan hasil kontribusi para tenant di Sequis Center. “Penerapan konsep bangunan hijau, khususnya bangunan terbangun membutuhkan komitmen yang sangat kuat. Dengan peringkat yang didapat oleh Sequis Center menunjukkan kepedulian Sequis Center terhadap masa depan Indonesia yang sehat dan ramah lingkungan,” ujar Naning Adiwoso, Chairperson Green Building Council Indonesia.

Di Indonesia, sudah ada 14 bangunan yang mendapat sertifikasi dari Greenship.

Sebagai pengembang real estate, Farpoint bermisi untuk mendirikan dan memgelola bangunan yang inovatif secara fisik dan berkomitmen untuk mendukung ekosistem yang berkelanjutan di Sequis Center. “Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang berkualitas dan menciptakan nilai lebih bagi stakeholder kami,” kata Jusup Halimi, Chief Executive Officer Farpoint.

Saat ini, Farpoint sedang membangun Sequis Tower yang terletak di belakang Sequis Center melalui green connector. Sequis Center dan Sequis Tower nantinya akan saling terhubung. Sequis Towe merupakan gedung perkantoran bertaraf internasional grade-A yang dirancang sebagai gedung pertama di Indonesia untuk meraih sertifikasi Leadership in Energy and Environmental Design Platinum.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)