Misi Bank Mandiri Bersinergi dengan Operator Seluler

Indonesia adalah negara kepulauan dengan jumlah penduduk 250 juta. Dari total wilayah, 2/3 adalah wilayah perairan, salah satu faktor yang membuat penetrasi perbankan di Tanah Air masih rendah. Masih banyak warga yang belum bisa mengakses layanan perbankan. Direktur Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin mengatakan, upaya meningkatkan keuangan inklusif juga bisa ditempuh dengan cara lain, yakni bekerja sama dengan operator telekomunikasi.

“Dibanding bank, penetrasi operator seluler jauh lebih bagus. Itulah kenapa sinergi dengan mereka sangat penting dilakukan,” ujarnya.

(Ki-ka) Chief Digital Service Officer XL Yessie D. Yosetya, Direktur Program Elektronifikasi dan Keuangan Inklusif Bank Indonesia Pungky P. Wibowo, Direktur Consumer Banking Bank Mandiri Hery Gunardi, CEO Indosat Alexander Rusli, Direktur Planning & Transformation Telkomsel Edward Ying dalam acara peluncuran produk uang elektronik yaitu Rekening Hape, di Jakarta. (Ki-ka) Chief Digital Service Officer XL Yessie D. Yosetya, Direktur Program Elektronifikasi dan Keuangan Inklusif Bank Indonesia Pungky P. Wibowo, Direktur Consumer Banking Bank Mandiri Hery Gunardi, CEO Indosat Alexander Rusli, Direktur Planning & Transformation Telkomsel Edward Ying dalam acara peluncuran produk uang elektronik yaitu Rekening Hape, di Jakarta.

Mimpinya terwujud lewat kerjasama empat operator telekomunikasi PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT Telekomunikasi Selular Tbk, PT Indosat Tbk, dan PT XL-Axiata Tbk dengan bank pelat merah tersebut, yang salah satunya menggunakan konsep co-branding produk uang elektronik (e-money) sehingga pemasaran dan edukasi menjadi lebih efektif. Kedua belah pihak bisa saling memanfaatkan jaringan dan infrastruktur yang dimiliki. Untuk tahap awal, kerjasama ini akan dilakukan di tiga kota/kabupaten di Jawa Barat, yaitu Bandung, Garut, dan Tasikmalaya.

Masyarakat terlihat sangat antusias. Itu terlihat dari kegiatan roadshow softlaunching produk Rekening Hape di Bandung, Garut, dan Tasikmalaya. Sampai dengan 24 April lalu, tercatat sekitar 1.500 pengguna telah terdaftar dan menggunakan produk tersebut untuk bertransaksi.

“Kerjasama bank dengan operator telekomunikasi dengan konsep seperti ini merupakan yang pertama kali di Indonesia. Lewat kerjasama ini, kami berharap cita-cita Indonesia untuk memberikan akses keuangan kepada seluruh masyarakat dapat tercapai, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi,” kata Direktur Consumer Bank Mandiri Hery Gunardi dalam keterangan resminya.

Chief Digital Service Officer XL, Yessie D. Yosetya menambahkan, kerjasama ini selaras dengan komitmen XL untuk terus mendukung program pemerintah dalam mensosialisasikan dan mendorong peningkatan penggunaan transaksi non tunai (cash less) di pelanggan dan masyarakat secara umum. Ia berharap masyarakat akan semakin diuntungkan dan dimudahkan lewat layanan ini. “XL berharap dapat ikut mendukung peningkatan Financial Inclusion di Indonesia,” katanya.

Direktur Planning & Transformasi Telkomsel Edward Ying menuturkan sinergi perbankan dengan operator telekomunikasi merupakan upaya mendukung program pemerintah untuk mewujudkan Gerakan Nasional Non Tunai (cash less society). Langkah ini juga sejalan dengan visi Telkomsel untuk mendorong terciptanya masyarakat digital Indonesia. “Kami menyambut baik kerjasama yang melibatkan Bank Mandiri dengan ketiga operator seluler terbesar di Tanah Air. Telkomsel dengan lebih dari 140 juta pelanggan dan jangkauan jaringan yang tersebar hingga ke pelosok siap mendukung inisiatif ini,” katanya.

Sementara itu, President Director & CEO Indosat Alexander Rusli sangat antusias dengan kerjasama ini. Perseroan juga telah memulai dengan layanan Dompetku dan secara konsisten mengembangkan layanan ini dalam rangka komitmen mendukung agenda mobile money di Indonesia. “Kami berharap pelanggan selular Indosat di seluruh pelosok Tanah Air dapat melakukan transaksi keuangan dengan lebih mudah dan aman," katanya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)