Ini Tren Remunerasi Perusahaan Top Dunia

Perusahaan mesti survive bagaimana pun caranya. Terutama, saat situasi perekonomian nasional maupun global tengah bergejolak. Untuk itulah cara pengelolaan sumber daya manusia juga memegang peranan penting. Sejumlah strategi digelar untuk meningkatkan efisiensi sembari berharap target pendapatan dan laba tak melenceng jauh. Khusus untuk bidang sumber daya manusia, ini adalah lima tren pemberian remunerasi di perusahaan top dunia.

Pertama, memberikan gaji lebih tinggi dari yang ditawarkan di pasar. Perlu diingat, langkah ini hanya diterapkan untuk para talent yang punya peran strategis di perusahaan, seperti tenaga pemasaran.

Kedua, perusahaan juga bisa menjadikan total penghargaan yang tinggi daripada hanya fokus ke gaji, sebagai senjata ampuh untuk meningkatkan loyalitas karyawan ataupun memikat talent baru dari perusahaan lain.

Ketiga, menyiapkan pendanaan yang memadai untuk karyawan yang ingin melengkapi diri dengan kendaraan yang nyaman dan peralatan kerja yang berguna seperti laptop dan ponsel pintar.

Pakar Manajemen SDM yang juga Direktur SDM dan Rantai Pasok Mondelez International Irvandi Ferizal Pakar Manajemen SDM yang juga Direktur SDM dan Rantai Pasok Mondelez International Irvandi Ferizal

“Daripada menyediakan mobil dan laptop yang menjadi tambahan pekerjaan bagi perusahaan dalam menyediakan dan mengelola service/helpdesk, lebih baik diganti menjadi program: Bring Your Own Car atau Bring Your Own Laptop,” kata Pakar Manajemen SDM yang juga Direktur SDM dan Rantai Pasok Mondelez International Irvandi Ferizal.

Keempat, menjabarkan strategi remunerasi yang jelas seperti apa tujuan dan perbandingan dengan situasi terkini di pasar. Terakhir, perusahaan umumnya membuat kisaran gaji yang lebar untuk mengakomodasi fleksibilitas kepada para talent. Dengan demikian, angka turnover bisa ditekan. (Reportase: Putri Wahyuni)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)