Ini yang Harus Dilakukan agar SDM Indonesia Mampu Bersaing

Berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN akhir 2015 berarti pula dimulainya persaingan dalam berbagai hal dan bidang, di antaranya sumber daya manusia. Kondisi ini disadari betul oleh Unilever sebagai salah satu perusahaan global yang beroperasi di Indonesia. Untuk mempersiapkan sumber daya terbaik di masa datang, Unilever menggelar kegiatan di kampus dalam One Amazing Week.

Dalam kegiatan tersebut, Unilever menggelar berbagai kegiatan untuk memgenalkan dunia kerja kepada mahasiswa. Salah satu sesi dalam kegiatan tersebut menghadirkan Enny Sampurno, Direktur SDM Unilever Indonesia yang berbagi kepada mahasiswa agar dapat bersaing di masa mendatang.

;photo(4)

Menurutnya, orang Indonesia memiliki kesempatan besar untuk berkarier di tingkat global. Sebagai negara dengan jumlah penduduk yang besar, konsumsi di Indonesia pun akan besar dan menjadi pasar yang besar. Dalam persaingan ke depan, sumber daya yang dibutuhkan adalah yang mengerti kebutuhan konsumen. Di samping itu, pemahaman terhadap kebutuhan lokal juga diperlukan. “Pertarungannya terjadi di Indonesia. Kita yang tahu budaya kita sehingga kita memiliki peluang yang besar,” ujarnya.

Ia memaparkan, dari sisi konten, anak Indonesia tidak kalah dari yang lain. Hal ini terlihat dari pencapaian Unilever Indonesia yang berada di peringkat lima di dunia. Meski demikian, masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki, diantaranya adalah soal percaya diri. Kemudian, berpikiran terbuka. “Jangan resisten terhadap sesuatu yang baru,” kata Enny kepada para mahasiswa. Selanjutnya adalah berpikir berdasarkan fakta. Membiasakan untuk berbicara dengan data. Enny juga menyebutkan, perlunya untuk mengembangkan karakter.

Enny lebih lanjut menyebutkan, dalam banyak kasus, orang Indonesia cenderung segan atau bersikap risih dan menghindari konflik. Menurutnya, sikap semacam ini perlu dikurangi sehingga gagasan-gagasan dapat disampaikan dengan baik. Sensitivitas terhadap budaya yang berbeda juga perlu dibangun agar mampu menjalin komunikasi dengan baik. Terakhir, Enny berpesan agar anak muda senantiasa menantang dirinya sendiri sehingga dapat meningkatkan prestasi yang telah diraih. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)