Inilah Persiapan Bank Mandiri Berekspansi ke ASEAN

Pelan tapi pasti, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. bersiap-siap untuk melebarkan sayap bisnisnya di Asia Tenggara di tahun 2020. Perseroan menanggalkan masa lalu yang kelam dengan melakukan layanan yang terintegrasi untuk menatap masa depan yang mencerahkan dengan menatap pasar ASEAN.

Pahala Mansury, Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Pahala Mansury, Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri

Menurut Pahala Mansury, Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri, perseroan melakukan sejumlah strategi yang mumpuni, di antaranya meningkatkan pelayanan ke nasabah, mengembangkan bisnis, memperluas jaringan usaha, optimalisasi SDM dan teknologi, meningkatkan kapitalisasi pasar, meningkatkan return on equity (ROE), dan memperkuat tata kelola perusahaan yang apik (Good Corporate Governance). Perseroan pun bertekad mencapai target yang sudah diumumkan sejak sejak tahun lalu tersebut.

Pahala mengatakan, Bank Mandiri perseroan telah menetapkan sejumlah proyeksi yang akan menunjang perseroan menjadi pemimpin pasar di ASEAN tahun 2020. Untuk itu, lanjut Pahala, kapitalisasi pasar perseroan ditargetkan harus bisa mencapai nilai sebesar US$ 55 miliar.

Menurutnya, Bank Mandiri harus meningkatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 23%-28% dan imbal hasil terhadap ekuitas (ROE) di kisaran 23%-27%. ROE merupakan indikator untuk mengukur imbal hasil yang diperoleh oleh pemegang saham atas investasi yang dilbenamkannya ke suatu perusahaan. ROE yang tinggi menunjukkan manajemen lebih efisien mengoptimalkan modal pemegang saham untuk keuntungan investor. Pahala menambahkan Bank Mandiri juga berupaya keras menerapkan GCG yang apik agar bisa menjadi acuan bagi masyarakat dalam mengelola perusahaan.

Selanjutnya, bank berpelat merah ini menginginkan kontribusi pendapatan anak perusahaan ke induk perseroan pada tahun 2020 naik menjadi 20%-25% dari 13% pada saat ini.
“Jadi pertumbuhan profitability dan volume bisnis anak perusahaan diharapkan lebih cepat dibandingkan pertumbuhan industri perbankan,” jelas Pahala. Target ini dilandasi oleh keinginan perusahaan untuk meningkatkan jumlah nasabahnya berinvestasi di portofolio investasi yang dikelola anak perusahaan. Beberapa anak usaha perseroan adalah PT AXA Mandiri Financial Services, PT Mandiri AXA General Insurance, PT Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank Sinar Harapan Bali.

Keinginan direksi untuk meningkatkan kinerja Bank Madiri itu memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Nasib nahas sempat mendera perseroan di tahun 2005. Tekad yang kuat dari pemangku kepentingan untuk menunjukkan kinerja positif menuai hasilnya, setidaknya hingga tahun lalu.

Pahala2

Kinerja Positif

Halaman Selanjutnya
Kinerja Bank Mandiri di tahun...
Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)