Inovasi Panin Bank Himpun Dana Pihak Ketiga

Menargetkan dana pihak ketiga (DPK) yang terhimpun lebih tinggi sebesar 12% dari tahun sebelumnya, membuat Panin Bank melakukan inovasi, yakni dengan meluncurkan tabungan Panin Super Bonanza, yang ditargetkan mampu meng-attract nasabah untuk mulai membuka rekening.

panin

Melalui peluncuran Panin Super Bonanza ditargetkan komposisi tabungan dan giro dapat meningkat menjadi 50% dalam tahun ini, sekaligus merealisasikan dana murah setidaknya menyamai pencapaian tahun lalu, yakni 60%. Begitu juga dengan total aset yang didapuk bisa meningkat 5% dari Rp 172 triliun di tahun 2014.

Herwidayatmo, Direktur Panin Bank,  menuturkan alasan korporatnya menjadikan langkah yang sudah diaplikasikan selama 10 tahun belakangan ini adalah sebagai bagian dari strategi bisnisnya. Pertimbangannya adalah karena nasabah sangat menyukai tabungan berhadiah, dimana dengan meluncurkan tabungan berhadiah, maka bisa meningkatkan customer delight bagi yang sudah exisiting, juga merangsang curiosity calon nasabah baru bagi yang belum bergabung.

"Tabungan berhadiah masih menjadi daya tarik dan sangat diminati masyarakat Indonesia. Oleh karena itu Panin menyediakan hadiah spektakuler dengan total hadiah Rp 100 miliar, dengan jumlah pemenang mencapai 5.565," kata Herwid.

Ditambahkan Ken Ng, Direktur Retail Bankin Panin Bank, pihaknya mengklaim bahwa besaran hadiah dari tabungan Panin Super Bonanza ini lebih besar ketimbang kompetitor bank nya. "Nantinya akan ada grand prize, dan total hadiah per orang sebesar Rp 8 miliar," katanya.

Upaya ini untuk mendongkrak ranking Panin Bank untuk bisa menembus peringkat lima besar di Indonesia. Untuk merealisasikan itu, pihaknya optimis dikarenakan jika dibandingkan kompetitor terdekatnya, Panin Bank tetap menjaga tren positif.

"Kami bisa lihat bank pesaing terdekat, cenderung mengalami penurunan, Namun Panin Bank masih menunjukkan kestabilan," lanjut Ng.

Untuk menunjang optimalisasi keterhimpunan dana pihak ketiga ini, dikatakan Ng, Panin Bank juga akan memfokuskan diri untuk membenahi infrastruktur, serta penambahan jaringan bank dari 560 kantor cabang di tahun 2014, menjadi 600 kantor cabang di akhir 2015.

"Kami juga akan kuatkan pada infrastruktur penunjang seperti untuk aktivitas mobile payment, internet banking, cash management, serta penambahan atm centre," tambah Ng. Masih terkait dengan infrastruktur, Panin Bank juga akan memperkuatkan pada realtime process serta security. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)