Insan BUMN Harus Memiliki Inisiatif Belajar Hal Baru

Menteri Negara BUMN, Rini Soemarno (tengah) saat membuka acara Human Capital Summit 2016 Menteri Negara BUMN, Rini Soemarno (tengah) saat membuka acara Human Capital Summit 2016

Menteri Negara BUMN, Rini Soemarno, mengungkapkan, sebagai pemimpin yang mempelajari kelebihan dan kekurangan seluruh BUMN di Indonesia, ia menemukan satu hal yang menjadi catatan penting yaitu insan atau karyawan BUMN kurang memiliki rasa ingin tahu dan rasa ingin belajar hal-hal baru. “Saya kerap menghadapi ini di setiap BUMN. Jadi inisiatif untuk belajar hal-hal baru itu masih kurang,”ujarnya. Hal tersebut disampaikan Rini dalam pidato singkatnya saat membuka forum Human Capital Summit 2016 di Jakarta, pekan lalu.

Menurutnya, belajar adalah bagian dari bekerja. Seorang pekerja yang belajar akan kaya pengetahuan dan keterampilan, dengan begitu perusahaannya juga ikut menjadi kaya karena SDM adalah aset paling berharga dalam perusahaan.

Rini  berharap inisiatif untuk belajar hal-hal baru bisa menjadi budaya dalam BUMN. Ia mengingatkan bahwa BUMN dituntut untuk bisa berkelanjutan (bisnisnya) dalam jangka panjang, “Kita bekerja untuk BUMN bukan hanya untuk puluhan tahun saja,tetapi untuk membangun perusahaan yang bisa bertahan hingga 100-200 tahun mendatang,” ujarnya.

Rini menekankan bahwa BUMN harus bisa meningkatkan kemampuannya dalam mencetak SDM yang handal. Sebagai entitas bisnis BUMN harus bisa bersinergi di segala lini, tetapi yang utama bagaimana manajemen BUMN bisa meningkatkan nilai perusahaan dan memperkuat usaha.

Pada saat yang sama juga dituntut untuk melakukan fungsinya sebagai agen pembangunan. Diakui Rini, memang sedikit berbeda tantangannya dibandingkan persusahaan swasta, BUMN selalu dituntut lebih karena badan usaha milik negara juga milik rakyat Indonesia. Melalui forum yang dihadiri oleh para direktur dan manajer bidang SDM dari sektor BUMN dan swasta tersebut diharapkan akan terjadi pertukaran ilmu dan pengalaman tata kelola SDM yang handal dalam sebuah perusahaan.

“Saya senang dalam forum ini teman-teman dari BUMN dan swasta bertemu, saya berharap bisa saling bertukar pikiran dan pengalaman sehingga bisa saling memperkaya,” ujar Rini. Menurutnya, pondasi bagi perusahaan yang kuat dan berkelanjutan adalah SDM yang handal.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)