Intip Cara IPC Benahi Pelabuhan Boom Baru

Pelindo_IPCPelabuhan Boom Baru di Kota Palembang sebagai pintu gerbang perekonomian Sumatera Selatan kini telah memiliki fasilitas Car Terminal. Terminal yang diperuntukkan khusus untuk keperluan bongkar muat kendaraan bermotor roda empat ini dibangun di atas lahan seluas 2000 meter persegi, dengan daya tampung sebanyak 300 unit mobil.

“Besarnya kebutuhan akan kendaraan bermotor roda empat di Pulau Sumatera, mendorong IPC untuk mengoptimalkan lahan tidur di sekitar pelabuhan. Kini, pengiriman kendaraan roda empat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta ke Palembang dapat ditempuh dalam kurun waktu kurang lebih 30 jam dengan menggunakan kapal laut,” terang Yan Budi Santoso, Sekretaris Perusahaan IPC, Kamis (29/8/2013).

Kapal Motor (KM) Harmoni Mas 8 milik PT Karya Putera Lokatirta merupakan kapal pertama yang dilayani di Car Terminal Pelabuhan Boom Baru. Kapal Roll-on-Roll-off (RoRo) berbobot 7.410 Gross Tonnage (GT) itu bersandar di Car Terminal pada Rabu (28/8) dini hari pukul 23.00 WIB.

KM Harmoni Mas mengangkut 300 unit mobil sedan dan MPV yang siap dipasarkan di Sumatera Selatan dan Jambi. Pengiriman menggunakan transportasi laut merupakan cara yang jauh lebih murah dan efisien dibandingkan dengan pengiriman menggunakan jalur darat. Pasalnya, satu kapal laut dapat membawa 300 unit kendaraan dalam sekali angkut. Sedangkan, satu truk hanya mampu mengangkut 5-6 mobil sekali jalan.

Pembangunan fasilitas Car Terminal di Pelabuhan Boom Baru ini juga diproyeksikan untuk mengurangi kepadatan pengiriman kendaraan bermotor melalui Pelabuhan Bakauheni di Lampung Selatan. IPC terus berupaya menggiatkan perputaran roda ekonomi yang sehat di berbagai daerah Indonesia, termasuk di Sumatera Selatan.

Car Terminal Pelabuhan Boom Baru sebagai lahan bisnis baru akan menjadi sumber pendapatan daerah yang sangat potensial. Di sisi lain, dengan menyediakan fasilitas pengiriman barang secara mudah, murah, dan efisien, pangsa pasar di Pulau Sumatera akan terus tumbuh dan bergairah. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)