Intraco Penta Masuk ke Agribisnis dan Infrastruktur

PT Intraco Penta Tbk. tahun ini mulai memasuki pasar alat berat untuk sektor agribisnis dan infrastruktur. Diversifikasi usaha itu akan dilakukan melalui dua anak usahanya yakni PT Intraco Penta Prima Service dan PT Intraco Penta Wahana.

Direktur Keuangan Intraco, Fred Lopez Manibog, mengatakan, usaha perseroan saat ini lebih banyak di sektor pertambangan. Namun perseroan melihat adanya peluang di sektor agribisnis dan infrastruktur. Dengan diversifikasi usaha perseroan itu maka porsi ekspansi di sektor pertambangan akan diturunkan.

"Tahun 2012 bisnis kami sekitar 85% ke industri pertambangan, baik itu batubara maupun mineral. Tahun berikutnya akan diturunkan seiring diversifikasi pangsa pasar. Alokasi penjualan alat berat ke sektor pertambangan tahun ini akan berada di bawah 70%, sisanya akan dijual ke sektor agribisnis dan infrastruktur," ujar Fred Lopez di Jakarta, Rabu (23/1).

Salah satu sektor yang dijajaki yakni industri semen, khususnya pengolahan semen. Pasalnya, saat ini industri infrastruktur tengah tumbuh cukup baik. Fred Lopez menargetkan kontribusi penjualan dari sektor agribisnis dan infrastruktur dapat mencapai 10% di tahun pertama.

Pada tahun ini perseroan mengharapkan pertumbuhan penjualan alat berat dapat tumbuh 15%-20%. Sementara untuk tahun buku akhir 2012, perseroan belum mengeluarkan angka pastinya. “Tahun lalu total penjualan alat berat kami perkirakan mencapai di atas 1.200 unit," katanya.

Sebagai catatan, hingga kuartal III-2012, penjualan alat Intraco mencapai 1.028 unit, turun dari periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 1.163 unit. Pendapatan Intraco naik menjadi Rp 2,071 triliun dari periode sama tahun sebelumnya sebesar Rp 2,069 triliun.

Sementara, laba bersih merosot 53,45% menjadi Rp 31,7 miliar, dari Rp 68,1 miliar pada 2011. Penurunan tersebut dikarenakan depresiasi nilai tukar mata uang Rupiah terhadap Dolar AS. Jadi secara kas, pendapatan dan laba bersih perseroan tidak turun. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)