Investasi Rp 40 Miliar, Pfizer Perluas Pabrik untuk Tingkatkan Kapasitas 76%

PT Pfizer Indonesia (Pfizer), salah satu perusahaan farmasi yang menghadirkan produk-produk berbasis riset) meresmikan perluasan gedung fasilitas pabrik untuk produksi obat padat pemakaian oral. Perluasan ini dilakukan di pabrik PT Pfizer Indonesia – Pfizer Global Supply yang terletak di Jalan Raya Bogor, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Perluasan pabrik ini menelan investasi Rp 40 Miliar dan meningkatkan kapasitas produksi obat sebesar 76%. Peresmian perluasan pabrik ini dihadiri oleh Ketua BPOM Roy A. Sparingga, perwakilan dari BKPM, perwakilan dari Kementerian Kesehatan, Pejabat pusat Pfizer dan jajaran direksi PT Pfizer Indonesia.

(ki-ka) Neil Condon – Vice President BioPharma; Manufacturing Operations Pfizer Global Supply; Tony Maddaluna – President Pfizer Global Supply; Dr.Ir. Roy A. Sparingga, Ketua BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) (ki-ka) Neil Condon – Vice President BioPharma; Manufacturing Operations Pfizer Global Supply; Tony Maddaluna – President Pfizer Global Supply; Dr.Ir. Roy A. Sparingga, Ketua BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)

Lukman Hidayat, Direktur Operasional, Pfizer Global Supply Indonesia, menjelaskan, perluasan fasilitas pabrik ini secara siginifikan meningkatkan kapasitas produksi obat padat pemakaian oral sebanyak 76% dari sebelumnya 170 juta tablet menjadi 300 juta tablet per tahunnya. Di usia Pfizer yang beranjak 45 tahun, ini merupakan salah satu partisipasi bagi kesehatan masyarakat dan dalam industri farmasi Indonesia yang rata-rata bertumbuh 11% serta agar dapat turut mendukung implementasi jaminan kesehatan nasional melalui produk-produk yang sudah terkenal akan keampuhan kualitasnya dan lahir dari riset ilmiah.

Pfizer melakukan penambahan bangunan ini desain bangunannya telah memenuhi persyaratan untuk cGMP atau current Good Manufacturing Practice, dengan lay out serta luas ruangan yang baik dan dilengkapi dengan perlatan terbaru untuk meningkatkan kondisi kerja, produktivitas dan efisiensi untuk memastikan kualitas terbaik dari produk yang kami hasilkan dan memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat. Luas tanah yang ditempati oleh pabrik Pfizer mencapai 3,9 hektar dan telah berdiri sejak tahun 1971.

Perluasan pabrik ini telah memperoleh sertifikasi GMP dari BPOM pada bulan November 2013, dan selanjutnya kami akan menyelesaikan berbagai validasi serta pengujian kelayakan stabilitas untuk produk-produk kunci selama beberapa waktu ke depan untuk memastikan semua telah siap,”Lukman menambahkan.

Saat ini bisnis unit Pfizer Global Supply, mendistribusikan 80% produknya untuk pasar Indonesia dan 20% diekspor ke berbagai Negara Asia, seperti Korea Selatan, HongKong, Thailand, Vietnam, Filipina, Malaysia dan Singapura. Produk-produk utama yang dihasilkan meliputi produk-produk untuk penanganan penyakit kardiovaskular, inflamasi, penyakit karena infeksi dan juga analgesic.

Widyaretna Buenastuti, Public Affairs & Communication Director PT Pfizer Indonesia, menyatakan, “Pfizer berkomitmen menjalankan segala kegiatan dan operasionalnya demi masyarakat Indonesia yang lebih sehat, perluasan pabrik hari ini memperkuat komitmen kami tersebut untuk terus berkontribusi melalui penyediaan produk yang berkualitas dan inovatif sehingga diharapkan bahwa masyarakat Indonesia dapat terus menjaga dan meningkatkan kesehatannya lebih baik”. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)