Investasi Rp 7 Triliun, AP Ekspansi ke 3 Kota

Agresivitas PT Agung Podomoro (AP) kian tak terbendung untuk mengembangkan proyek properti di luar Pulau Jawa. Mulai semester II tahun ini APL membidik 3 kota (Balikpapan, Batam dan Medan). Menurut Indra W. Antono, Vice President Corporate Marketing AP, di  Balikpapan, Kalimantan Timur telah meluncurkan Borneo Bay Residences yang terletak di kawasan The Plaza Balikpapan yang sangat strategis di pusat bisnis dan perkantoran. Untuk membangun kawasan ini AP akan menggelontorkan investasi sekitar Rp 1,5 triliun.

Agung podomoro

Selain akan dibangun 2 menara apatermen (1.110 unit) di kawasan seluas 5 hektar ini juga akan dibangun mal dan hotel yang ditargetkan selesai tahun 2017. Pembangunan mal yang akan mengusung konsep baru bagi masyarakat Balikpapan diperkirakan membutuhkan investasi Rp 500 miliar, rencananya akan dimulai awal 2014 dan target selesai tahun 2016. Sedangkan hotel yang akan dibangun rencananya hotel bintang 4 atau 5 (250 unit) yang akan dikelola oleh Accor chain hotel.

Proyek lainnya yang akan dikembangkan adalah Orchad Park di Batam Center. Dengan lahan seluas 37 hektar, AP akan mengembangkan komplek hunian sebanyak 2.200 unit dan satu menara apatermen yang terdiri dari 140 unit. Untuk pengembangan Batam, investasi yang dibutuhkan sekitar Rp 1 triliun.

Meskipun tingkat persaingan properti sangat ketat, Indra optimistis kehadiran proyek properti APL di Batam bisa diterima masyarakat Batam. “Dalam waktu dekat akan diluncurkan dengan harga jual sekitar Rp 600-700 juta/unit,” kata Indra di sela-sela Pameran Bersama Proyek-Proyek Agung Podomoro (20-25 Agustus) di Main Atrium, Senayan City, Jakarta.

Selain itu, AP juga akan mengembangkan superblok Podomoro City Medan, Sumatera Utara. Di atas lahan seluas 5,2 hektar, pengembangan yang telah menyelesaikan lebih dari 50 proyek properti berencana akan membangun apartemen, perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, kios yang menyasar segmen menengah ke atas. Investasinya sekitar Rp 4,5 triliun.

“Kehadiran proyek-proyek baru ini di Balikpapan, Batam dan Medan sebagai upaya AP untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan perumahan dan area komesial yang berkualitas. Kami melihat kebutuhan ini sangat tinggi di luar Pulau Jawa, hal inilah yang mendorong APL mengambil bagian dalam pemerataan pembangunan di Indonesia,” kata Indra. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)