IPMI : Pemerintah Harus Fokus pada Prioritas Pembangunan Jangka Panjang

Jimmy Gani, Executive Director & CEO IPMI, menyarankan, agar pemerintah lebih fokus kepada prioritas pembangunan ekonomi nasional jangka panjang yang telah terbukti mampu menjadi penggerak perekonomian di Indonesia. Hal itu bisa dilakukan dengan menciptakan pertumbuhan ekonomi nasional berkelanjutan di tengah ketidakpastian global. Selain itu, investasi yang dilakukan pemerintah juga harus tepat sasaran supaya perekonomian Indonesia dapat tumbuh lebih tinggi lagi ke depan.

20160323_114149_resized

Sementara itu Steven R. Tabor, menjelaskan, ada lima poin penting yang harus dilakukan pemerintah dalam melakukan reformasi struktural ekonomi yakni mencari sumber pertumbuhan baru untuk memperbaiki ekonomi serta mempercepat pembangunan infrastruktur.

“Selain itu, harus menggali potensi bisnis inklusif dan mendukung pengembangan energi bersih dan terbarukan, serta transformasi tata kelola perpajakan,” ujarnya.

Tanpa perubahan struktural tersebut, lanjutnya, Indonesia akan sulit mempertahankan pertumbuhan ekonomi di atas 5%. Reformasi struktural ekonomi juga akan berdampak terhadap peningkatan investasi asing langsung di Indonesia.

Adapun mantan Duta Besar RI untuk Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Gusmardi Bustami, mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak dapat dipisahkan dari dinamika perdagangan internasional dalam 20 tahun terakhir, terutama mengenai peran serta sektor perdagangan dalam menopang pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)