Islamic Book Fair: Pameran Buku Islam Terbesar di Asia Tenggara

IMG_0066

Islamic Book Fair kembali diadakan di Jakarta untuk ke 14 kalinya. Pembukaan Islamic Book Fair diadakan pada Jumat 27 Februari 2015 bertempat di Istora Gelora Bung Karno Jakarta oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Rasyid Basweda Ph.D.

Untuk tema IBF tahun ini M. Anies Baswedan, Ketua panitia IBF 2015, mengusung tema “Di Bawah Naungan Al-Quran” yang merupakan kelanjutan tema IBF pada tahun-tahun sebelumnya. “Tema ini merupakan gambaran keyakinan umat tentang peran Al-Quran dan As-Sunnah sebagai pedoman yang membimbing umat dalam setiap langkahnya” tambahnya.

IBF tahun ini terdapat 415 stan yang terdiri dari 202 stan penerbit, 140 stan multiproduk, dan sisanya adalah stan sponsor dan media partner. Jumlah penerbit yang mengikuti pameran juga bertambah menjadi 92 penerbit dan 16 toko buku. Penerbit yang mengikuti pameran tidak hanya datang dari dalam negeri, melainkan juga datang dari Mesir, Brunei, Malaysia, dan Singapura. “Dengan bertambahnya penerbit yang ikut, IBF 2015 menampilkan lebih banyak lagi buku islam yang berkualitas. Jumlahnya ribuan judul, sehingga IBF menjadi kesempatan emas bagi masyarakat untuk mendapatkan buku-buku islam yang berkualitas” kata M. Anies, Panitia IBF 2015 optimistis pengunjung IBF 2015 melebihi angka 425.000 orang.

Rangkaian program IBF ke 14 tahun 2015 sudah dimulai dari beberapa bulan sebelumnya. Salah satu programnya yaitu mengadakan pelatihan menulis di 10 pesantren di Jabodetabek dan Banten. Berbagai lomba juga diadakan antara lain lomba nasyid, cerdas cermat, dan kasidah rebana. Ketua IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) DKI Jakarta Afrizal Sinaro mengatakan bahwa pameran buku islam ini tidak hanya diminati oleh masyarakat di daerah. Oleh karena itu, tahun depan rencanya IBF akan roadshow di beberapa kota besar di Indonesia.

Acara yang diselenggarakan selama 10 hari hingga Minggu 8 Maret 1015 ini menyediakan fasilitas yang belum pernah ada di IBF tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini terdapat arena khusus bermain anak yang dinamakan Kids Zone. Fasilitas seluas 600 meter ini menyediakan berbagai wahana gratis maupun berbayar, antara lain planetarium dan kampung kreasi. Lomba untuk anak-anak juga diadakan di fasilitas ini seperti lomba adzan, mewarnai, dan menggambar. Untuk para pengunjung, para penerbit menawarkan diskon antara 30-70%. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)