Janji Walikota Payakumbuh untuk Ikatan Alumni ITB

Riza Falepi, selain dikenal sebagai Walikota Payakumbuh mencalonkan diri untuk menjadi kandidat Ketua Umum IA ITB 2016-2020, melalui elektronik voting yang akan berlangsung 23 Januari 2016.

Dalam pemilihan Ketum IA ITB Riza akan bersaing dengan Ridwan Djamaluddin (Kemenko Kemaritiman & Sumberdaya Manusia), Pontas Romulo Tambunan (CEO PT Kilat Wahana Jenggala), dan Hiramsyah S. Thaib (CEO PT Teknologi Riset Global).

Keberhasilan Riza memimpin Payakumbuh sejak 3 tahun lalu, tidak diragukan lagi. Dari sisi pertumbuhan ekonominya juga berada diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional yakni sekitar 6-7%. Tahun 2015, Riza telah mempersembahkan sekitar 50 penghargaan selama 3 tahun menjabat.

Bahkan di bidang kebersihan dan lingkungan, kota penghubung Padang dan Pekanbaru itu baru saja menyabet piala Adipura yang ketujuh kalinya pada tahun 2015.

"Di sektor pertanian kami laksanakan intensifikasi. Orang kalau mau ke
sawah itu effortnya sama apakah sawah yang menghasilkan 4 ton atau 8 ton per
hektar. Jadi kami bantu masyarakat untuk menggunakan bibit padi yang unggul, lalu bagaimana cara bercocok tanam yang baik dan benar. Sehingga kami bisa tingkatkan produksi rata rata dari 4-5 ton per hektar menjadi antara 6-8 ton per hektar," katanya.

4

Hadirnya Riza di bursa Ketua Umum IA ITB bukan tanpa alasan. Setelah sukses membenahi Payakumbuh, Sumatera Barat, kini Riza terpanggil ingin memajukan almamaternya yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Caranya, dengan mengikuti bursa pemilihan Ketua Umum Ikatan IA ITB.

Lulusan S-1 Teknik Elektro (1989) dan Magister Tekno Ekonomi ITB ini, maju
ke bursa pemilihan Ketua Umum, karena banyak mendapat masukan dan
dukungan dari para seniornya yang beranggapan ITB seolah telah kehilangan rohnya sebagai garda depan bagi pembangunan bangsa.

Visinya, sebagai kandidat Ketua Umum IA ITB, Riza ingin ITB
menjadi organisasi modern dan rumah bersama alumni ITB yang mampu
memberikan akselerasi bagi alumni ITB dalam berkarya, berkontribusi, dan
memimpin bangsa di seluruh daerah dan berbagai bidang profesi dan lembaga.

Selain itu, ia ingin melakukan beberapa pembenahan seperti penataaan data
alumni yang memberikan gambaran dan informasi terkini dari anggota,
pembenahan tata kelola IA ITB, menjadi organisasi mandiri dari dan untuk
alumni, penataaan masing masing bidang yang berfokus pada menumbuh tebarkan potensi alumni.

Bukan hanya itu, ia juga menumbuhkan kepercayaan alumni kepada IA-ITB,
dengan menyelenggarakan pertemuan mempererat persaudaraan, kuliah terbuka dan pemagangan, menumbuhkan jejaring alumni untuk menarik setiap aspirasi dan potensi alumni , melalui pelatihan dan pembimbingan karir profesi dan
wirausaha dan menumbuh kembangkan kompetensi dan kepemimpinan Alumni untuk negeri, melalui pelatihan kepemimpinan.

"Saya akan menebarkan potensi dan kompetensi alumni di seluruh sendi bangsa, Promosi Pemikiran Alumni serta karir politik dan pemerintahan.Selain itu, menebarkan alumni keseluruh negeri, yang secara mandiri menata, mendorong kemitraan antar alumni, almamater, dunia bisnis dan pemerintah," kata Riza.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)