Jelang Ramadhan & Lebaran, XL Uji Kesiapan Layanan dan Jaringan

Tidak lama lagi umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadan dan merayakan Lebaran. Seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, selama momen istimewa tersebut akan terjadi kenaikan trafik semua layanan seluler, baik voice, SMS, dan terutama data/internet. Untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan pelanggan atas berbagai layanan tersebut, PT XL Axiata Tbk (XL) telah bersiap diri, baik dari sisi produk layanan maupun kualitas jaringan.

Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan, mengatakan, ”Momentum Ramadan dan Lebaran kami manfaatkan untuk memastikan kualitas layanan XL yang terbaik bagi pelanggan. Untuk itu, kami mengajak serta media dan para pegiat jejaring sosial untuk mencoba sendiri berbagai layanan kami yang bermanfaat untuk mendukung aktivitas selama Ramadan dan Lebaran, yang bisa diakses hingga ke pelosok daerah. Kegiatan ini sekaligus juga menjadi sarana menguji kualitas jaringan XL di wilayah Jateng dan Jatim yang saat ini masih terus dalam proses modernisasi.”

(ki-ka) Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan dan Vice Presiden Project Management Service XL, Agus Simorangkir

Uji layanan dan jaringan XL ”NetRally 2013” dilakukan di wilayah Jateng dan Jatim, dengan menempuh perjalanan dari Solo – Sragen – Ngawi - Madiun – Ponorogo. Rute tersebut melintasi kota besar dan kecil yang bisa menjadi gambaran jangkauan layanan XL di sebagian besar wilayah Indonesia. Selama perjalanan, peserta diajak untuk mencoba berbagai layanan, baik yang berbasis jaringan 2G (konten dan Location base service/LBS), maupun 3G (internet cepat dan layanan hiburan).

Selain itu, XL juga memberikan pengalaman kepada peserta untuk menggunakan layanan e-payment XL Tunai. Madiun menjadi tempat untuk menguji layanan XL Tunai, yaitu fungsi mengirim dana ke sesama pengguna XL Tunai, membayar belanja di Alfamart, serta menarik dana tunai. Uji coba ini guna mengetahui kesiapan XL dan para partner dalam menyelenggarakan layanan XL Tunai di kota kecil. Uji layanan akan dilakukan baik secara bergerak (di atas kendaraan) maupun tidak bergerak. Uji layanan ini sekaligus menjadi sarana untuk menguji kualitas jaringan.

Layanan lain yang juga didemonstrasikan adalah layanan berbasis LBS (untuk mencari keberadaan obyek tertentu seperti fasilitas umum, masjid, restoran, pompa bensin, dan ATM bank. Juga ada layanan konten XPressMe, Games KotaGames, serta chatting KakaoTalk. Sementara itu, untuk layanan hiburan, peserta mencoba XL Karaoke yang berbasis 2G, maupun XL Nonton dan Kpop Portal yang harus menggunakan 3G. Untuk akses internet yang lebih prima, peserta juga bisa mencoba browser OperaMini.

Uji coba layanan-layanan ini tidak lepas dari terus bergeseran pola konsumsi layanan telko oleh pelanggan. Saat ini trafik layanan data dan layanan non Voice/SMS terus meningkat. Selain itu, harga ponsel 3G yang semakin murah dan terjangkau, pada kenyataannya, berbagai layanan berbasis data dan konten terus muncul yang menawarkan berbagai manfaat, termasuk untuk hiburan dan transaksi. Dengan modernisasi jaringan yang terus kami lakukan ke semua wilayah, maka di manapun pelanggan XL berada, mereka juga bisa menikmati layanan-layanan tersebut.

Kesiapan Jaringan

Sementara itu, untuk lebih mengetahui secara detail uji kualitas jaringan XL di sepanjang perjalanan, XL juga memasang perangkat uji sinyal di kendaraan yang dipergunakan. Peralatan dan metode yang digunakan sesuai dengan standar regulasi. Pengukuran dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kualitas sinyal di sepanjang daerah dan jalur yang dilalui. Pengukuran kualitas dilakukan pada layanan 2G dan 3G, mulai dari voice call, video call, SMS (Short Message Service), dan data (internet dan BlackBerry).

(ki-ka) Direktur Service Management XL- Ongki Kurniawan, Humas SMP 2 Ngemplak-Boyolali – Sugianto, Vice President Corporate Communication XL – Turina Farouk, dan GM Sales Operation Jateng/DIY – Djie Yanes

Saat ini XL sehari-hari melayani trafik percakapan hingga 600 juta menit. Sementara untuk trafik SMS adalah 750 juta SMS, dan trafik data sebesar 185 Terabytes. Diperkirakan sepanjang Ramadhan dan Lebaran 2013 nanti akan terjadi lonjakan trafik hingga 20-30% dari trafik normal sehari-hari.

Ongki menambahkan, jaringan XL didukung oleh teknologi yang canggih yang antara lain adalah MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. Dengan menerapkan sistem pool ini, jaringan XL Axiata akan terlindung dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik. Inovasi ini telah diterapkan XL sejak lebih dari 3 tahun terakhir.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atas layanan akses internet dan data yang berkualitas prima, XL menyediakan layanan HotRod 3G+ dengan berbagai pilihan paket yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Layanan internet ini memberikan jaminan kualitas akses yang cepat dan stabil. XL terus memperluas cakupan HotRod 3G+ ini. Hingga saat ini, sebanyak 22 area di Jakarta, Medan, Bekasi, Depok, Tangerang, Surabaya, Palembang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Serang, Bogor, Makasar, Mataram, Batam, Pekanbaru, Lampung, Purwakarta, Cirebon, Tegal, Solo dan Banjarmasin kota yang terlayani oleh HodRod 3G.

Uji kesiapan layanan dan jaringan juga akan dilakukan di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Uji kesiapan jaringan ini dilakukan menggunakan berbagai moda transportasi melalui jalur darat, dengan kendaraan bermotor (Lampung-Jakarta, Bandung-Jakarta, Semarang-Yogya-Solo, dan Surabaya-Yogya) dan kereta api (Jakarta-Semarang), serta jalur penyeberangan laut menggunakan ferry (Bakahauni-Merak dan Ketapang-Gilimanuk).

Dengan melayani lebih dari 49,1 juta pelanggan, saat ini jaringan XL di seluruh Indonesia diperkuat dengan lebih dari 39.819 ribu BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G) juga jaringan backbone fiber optic yang membentang di sepanjang pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke Sumatera, Batam, Kalimantan dan Sulawesi. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)