Strategi Dua Perusahaan Indonesia "Go Global"

Almira Shinantya, Daniel Surya, dan Peter Shearer Menunjukkan Penghargaan Rebrand 100 dan i40

Indonesia patut  bangga karena memiliki generasi muda yang memiliki potensi untuk memperkenalkan ke dunia internasional melalui prestasi-prestasi yang diukir. Dua perusahaan Indonesia dalam bidang branding dan teknologi meraih penghargaan yaitu DM-IDHolland dan AR&Co.

DM-IDHolland merupakan sebuah brand consultancy. Untuk yang ketiga kalinya, DM-IDHolland mendapatkan penghargaan REBRAND 100. Pada kesempatan kali ini, penghargaan tersebut didapatkan melalui project Myanmar Tourism Federation. REBRAND 100 Global Awards merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang brand repositioning yang berbasis di Amerika Serikat, dan pada tahun 2014 DM-IDHolland terpilih dalam penghargaan ini untuk kategori Distinction

Sementara itu, AR&Co. , sebuah perusahaan Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara dalam bidang augmented reality (AR) dan inovasi, terpilih menjadi salah satu perusahaan terinovatif di dunia dalam penghargaan The Innovation 40 (i40) tahun 2013 dari The New Economy. The New Economy merupakan sebuah majalah dari Inggris yang diterbitkan setiap tiga bulan untuk kalangan eksekutif di bidang finansial, dan secara rutin menerbitkan daftar individu maupun perusahaan paling inovatif.

AR&Co terpilih karena inovasinya dalam bidang augmented reality (AR) – sebuah teknologi interaktif yang menggabungkan objek yang ada di dunia nyata dengan informasi atau tampilan digital yang dapat melengkapinya– dan visi untuk mentransformasi kehidupan dengan memanfaatkan teknologi AR. Inovasi yang dikembangkan oleh AR&Co di antaranya adalah aplikasi AR dengan efek 4-D, dan aplikasi yang dilengkapi dengan fitur facial recognition.

Terkait strategi bisa menembus prestasi yang membanggakan tersebut, Almira Shinantya selaku Managing Director DM-IDHolland menjelaskan, “Project Myanmar Tourism Federation memberi tantangan bagi DM-IDHolland untuk memformulasikan suatu strategi branding dalam memperkenalkan positioning dan identitas Myanmar, sehingga dapat mempromosikan Myanmar sebagai tujuan wisata secara global”. Almira menambahkan bahwa saat ini DM-IDHolland terus mengembangkan potensinya dengan menunjukkan kemampuan bahwa Indonesia juga bisa memiliki prestasi di kancah internasional.

Sementara itu, Peter Shearer, Managing Director AR&Co. mengungkapkan bahwa Indonesia bukan hanya mampu tapi juga bisa berprestasi di dunia. Sudah pernah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan ternama di luar negeri seperti Disney, Transformers dan Cartoon Network , tidak akan menghentikan langkah AR&Co. sampai disini saja. Untuk ke depannya Peter berharap, “AR&Co. bukan hanya ingin menjadi yang terbesar di South East Asia, tapi juga di Asia, Amerika dan Eropa”. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)