Jurus Indraguna Sutowo Pimpin Ferrari Indonesia

Maulana Indraguna Sutowo CEO Ferrari Indonesia (FI)
Maulana Indraguna Sutowo CEO Ferrari Indonesia (FI)

Ada yang baru di Ferrari Indonesia. Sejak Januari lalu, Maulana Indraguna Sutowo menjadi CEO Ferrari Indonesia (FI) --bendera resminya: PT Citra Langgeng Otomotif-- yang merupakan distributor resmi mobil mewah Ferrari di Indonesia. Pria yang biasa dipanggil Indra ini menggantikan Arie Christoper yang pindah ke perusahaan lain. Citra Langgeng Otomotif merupakan bagian dari Grup MRA yang didirikan ayah Indra, Ibnu Sutowo, berkongsi dengan pengusaha Soetikno Soedarjo.

Sebenarnya saya sudah terlibat di Ferrari Jakarta sejak 2017. Jadi, sejak itu saya sudah mengikuti perkembangannya walaupun belum resmi memimpin,” ungkap Indra saat ditemui SWA pada acara buka bersama di GBK Senayan. Jadi, kiprah Indra dalam memimpin perusahaan ini sebenarnya bukan tiba-tiba. Sebelum menjadi CEO FI, ia sudah sekitar 10 tahun berkarier di perusahaan induk, PT Mugi Rekso Abadi (MRA). Bahkan sebelum didaulat menjadi CEO FI, ia sudah ditugaskan menjadi Dirut MRA menggantikan Soetikno.

Dalam pandangan Indra, memimpin perusahaan yang menjadi perwakilan Ferrari di Indonesia jelas punya tantangan sendiri. Maklum, Ferrari yang bermain di mobil mewah ini termasuk dalam kategori merek besar (big brand). Terlebih, Indonesia merupakan salah satu pasar penting Ferrari, antara lain terbukti dari dijadikannya negara ini sebagai tuan rumah perayaan HUT Ferrari global ke-70 pada 2017. “Cara pendekatan pemasaran terus akan kami perbaiki, guna memenuhi kebutuhan customer Ferrari,” kata suami artis Dian Sastrowardoyo ini.

Salah satu terobosan yang akan digalakkan Indra: mengembangkan strategi pemasaran baru dengan menawarkan experience, bukan sekadar menjual produk. “Kami arahkan bukan semata melihat dan membeli mobil, tapi pengalaman terhadap brand ini. Karena itu, kami merangkul komunitas-komunitas mobil di Indonesia guna berinteraksi dengan kegiatan kami,” katanya. Pihaknya akan mengajak konsumen dan calon konsumen menyelami perjalanan Ferrari dari berdiri hingga sekarang. Intinya, timnya ingin mempertegas ke para pencinta mobil bahwa Ferrari bukanlah mobil biasa.

Indra dan timnya juga aktif menggandeng komunitas Ferrari. Saat ini di Indonesia ada satu komunitas mobil resmi Ferrari, yakni Ferrari Owners Club Indonesia. Kegiatan komunitas ini selalu mendukung kegiatan Ferrari. Salah satu contoh yang sudah dilakukan, mengadakan trip ke Surabaya dengan menikmati tol baru lintas Jawa. “Kami merasakan pengalaman menarik, saya pun turut serta waktu itu,” katanya.

Kini, Indra menjelaskan, total populasi mobil Ferrari di Indonesia sekitar 500 unit. Jenis mobilnya beragam, termasuk generasi awal Ferrrari yang sudah tua, bahkan ada yang sejak sebelum perusahaan distributornya didirikan di Indonesia (tahun 2001). Ferrari pertama masuk ke Indonesia dengan seri 360 Modena (sport car) dan dari tahun ke tahun terus diluncurkan produk baru. Pada kesempatan buka bersama media bulan puasa lalu, Ferrari Jakarta sempat menghadirkan unit pertama Ferrari 488 Pista di Indonesia hingga produk-produk terkini Ferrari, antara lain Ferrari Portofino, 488 GTB, 488 Spider, GTC4 Lusso, dan 812 Superfast.

Indra meyakini, Ferrari sudah punya pasar dan citra yang kuat di Indonesia, dan disukai karena dikenal sebagai sport car idaman. Menurutnya, pesaing terberat Ferrari adalah Lamborghini. Sesama merek Italia ini memang dari dulu selalu menjadi rival ketat. “Dari dulu sudah pasti pesaingnya adalah Lamborghini,” ungkapnya.

Pihaknya yakin, pelanggan Ferrari tidak akan mudah bertukar mobil dengan merek Lamborghini. “Saya tidak mengatakan yang satu jelek dibanding yang lain, hanya beda karakter,” ujar Indra tandas. Karena itu, pihaknya akan terus mengembangkan inovasi pemasaran yang tetap sesuai dengan karakter dan representasi merek Ferrari, baik dalam hal tema, cara promosi, maupun pendekatan ke dealer. (*)

Sudarmadi & Herning Banirestu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)