Jutawan Asia-Pasifik Lebih Banyak Dibandingkan Amerika Utara dan Eropa

Sebuah penelitian mengatakan, saat ini jumlah jutawan di kawasan Asia-Pasifik paling banyak jika dibandingkan dengan kawasan lain seperti Amerika Utara dan Eropa. Semakin banyaknya jutawan di Asia-Pasifik didorong oleh kenaikan jumlah orang kaya di Cina dan Jepang.

Kawasan yang dulu dijuluki benua ketiga ini kini justru memiliki 3,37 juta "high net worth individuals" (HNWI) atau individu yang memiliki kekayaan bersih tinggi pada 2011, begitulah hasil penelitian perusahaan konsultan Capgemini and RBC Wealth Management yang dirilis di Singapura.

Kawasan Amerika Utara memiliki 3,35 juta HNWI. Sedangkan Eropa memiliki 3,17 juta HNWI. HNWI didefinisikan sebagai mereka yang memiliki investasi aset bersih sebesar minimal satu US$ 1 juta, tidak termasuk tempat tinggal utama mereka dan barang mewah atau barang seni bernilai jual tinggi.

"Asia-Pasifik sekarang rumah bagi lebih banyak HNWI daripada wilayah lainnya untuk pertama kalinya," Barend Janssens dari RBC.

Asia-Pasifik mengambilalih posisi ke-2 dari Eropa pada 2010, selanjutnya menggeser posisi Amerika Utara di peringkat teratas populasi jutawan.

Populasi HNWI Asia-Pasifik tumbuh pada tingkat 1,6% pada 2011, dua kali tingkat populasi global yang sebesar 0,8%. Hal ini didorong oleh pertumbuhan di Jepang hingga 4,8% dan China hingga 5,2%. Jepang membentuk sebagian besar HNWI di Asia-Pasifik, yang merupakan 54,1% dari total penduduk kaya kawasan Asia-Pasifik. (AFP/Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)