Kadin Optimistis Industri ICT Tumbuh di 2014

Industri Information and Communication Technology di Indonesia pada tahun ini masih memiliki potensi besar untuk terus tumbuh. Jumlah penduduk dinilai Indonesia memiliki potensi pasar yang besar untuk pertumbuhan industri ICT itu sendiri.

ICT

Suhanda Wijaya, Ketua Komite Tetap Perangkat dan Jasa Informatika Kamar Dagang Indonesia (Kadin), mengatakan bahwa secara umum industri ICT saat ini telah memasuki tahap konvegensi. “Perpaduan perangkat dan perilaku masyarakat telah dimulai,” ungkap Suhanda saat dihubungi oleh SWA.

Salah satu indikator utama pertumbuhan industri ICT itu sendiri adalah pertumbuhan pasar smartphone yang dinilai menggantikan featurephone. “ Pertumbuhan smartphone cukup besar di tahun 2014. Kebutuhan masyarakat akan smartphone masih besar,” ungkap Suhanda. Ia menambahkan pertumbuhan penjualan tablet dan notebook sendiri juga terus meningkat.

Suhanda juga menagatakan bahwa implementasi penggunaan mata uang rupiah dari transaksi online juga harus diterapkan. Ia menilai saat ini penerapan kebijakan tersebut masih tidak optimal dilakukan. “Masih banyak transaksi yang dilakukan dengan dolar,” papar Suhanda.

Menurut Suhanda, fluktuasi mata uang rupiah terhadap dolar sendiri menjadi kendala dalam industri ICT itu sendiri. “Harga barang-barang yang diimpor menjadi naik akibat pelemahan rupiah terhadap dolar. Ini dapat merugikan konsumen itu sendiri,” ungkap Suhanda. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)