Kalbe Dukung Penelitian di Bidang Kesehatan Melalui AKCDI 2020

PT Kalbe Farma Tbk. (Kalbe) bersama Lembaga Riset Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyelenggarakan Anugerah Karya Cipta Dokter Indonesia (AKCDI) 2020 yakni program penghargaan kepada dokter di Indonesia yang telah melakukan penelitian di bidang kesehatan.

Program AKCDI yang digagas oleh Lembaga Riset IDI dan didukung oleh Kalbe bertujuan untuk membudayakan para dokter untuk terus meneliti dan mengembangkan ilmu pengetahuannya sebagai bagian dari peningkatan kualitas dokter yang berkesinambungan khususnya di era pandemi COVID-19. AKCDI 2020 yang diselenggarakan bersamaan dengan perayaan Hari Bakti Dokter Indonesia 2020 di Jakarta bertema Budaya Meneliti untuk Meningkatkan Kualitas Profesi Dokter yang Berkesinambungan di Era COVID-19.

AKCDI tahun ini merupakan yang kedua kali diselenggarakan oleh Lembaga Riset IDI bekerja sama Kalbe yang bertujuan untuk membangun iklim penelitian di antara para dokter di Indonesia. Penghargaan AKDCI ini diberikan kepada hasil penelitian terbaik sesuai dengan bidang yang telah ditentukan. “Kami berharap penghargaan ini dapat memberikan dampak positif dalam bidang kesehatan dan teknologi Kesehatan,” ujar dr. Daeng M Faqih, SH, MH, Ketua Umum Pengurus Besar IDI periode 2018-2021.

Mulia Lie, Direktur Pharma PT Kalbe Farma Tbk mengatakan, pihaknya akan terus mendukung penelitian di bidang kesehatan. Adapun penelitian yang dinilai adalah hasil penelitian kedokteran yang telah diselesaikan dalam 2 tahun terakhir yang memberikan dampak positif di bidang kesehatan atau teknologi kesehatan dalam beberapa kategori yakni kategori penelitian dasar, penelitian klinis, dan epidemiologi kedokteran. Kriteria penilaian meliputi kreatifitas dan orisinalitas, review literatur, metodologi riset dan hasil penelitian itu sendiri.

Penyenggaraan kali ini diikuti oleh 10 finalis AKCDI 2020 yang telah terpilih dimana para peserta harus mengirimkan naskah kemudian akan dialkukan penjurian kelengkapan dokumen administrasi, materi naskah serta presentasi untuk mendapatkan 10 peserta terbaik. Di tahap akhir dilakukan presentasi 10 finalis yang dilakukan oleh peneliti secara individu di hadapan dewan juri yang dikoordinasikan oleh Dr. Aditiawarman, MPH (sekaligus sebagai Ketua HBDI 2020).

Selain dukungan kepada Lembaga Riset IDI, Kalbe juga bekerja sama dengan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristek/BRIN) dan Perguruan Tinggi dalam hal pemberian dana penelitian di Indonesia melalui program RistekBRIN-Kalbe Science Award. Bantuan dana penelitian ini ditujukan kepada penelitian yang memiliki kesiapan untuk dapat dikomersialisasikan sehingga hasil penelitian tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Kalbe Farma

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)