Kalbe Nutritionals Bersinergi dengan Gabungan Koperasi Susu Indonesia

Lini produk susu Kalbe Nutritionals diproduksi di PT ISAM (dok. Kalbe Nutritionals)

PT Sanghiang Perkasa atau lebih dikenal sebagai Kalbe Nutritionals bersinergi dengan produsen susu lokal yaitu PT Industri Susu Alam Murni (PT ISAM) dari Bandung, Jawa Barat, yang merupakan bagian dari Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI).

Kemitraan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas produk serta memperkuat industri susu nasional, sehingga dapat memberi banyak manfaat kepada masyarakat. Kemitraan ini telah disepakati sejak November 2020 dan pada April 2021 telah memasuki fase pengembangan dengan formula baru. 

Andy Chendra, Director of Quality Assurance, Sustainability and Support Function Kalbe Nutritionals mengakui hubungan dengan GKSI dan PT ISAM ini adalah bentuk kemitraan strategis yang dibangun Kalbe Nutritionals sejak beberapa tahun lalu.

“Kami yakin kemitraan dengan GKSI dan ISAM akan membuahkan hasil yang lebih baik secara produk. Apalagi ISAM merupakan perusahaan yang menyalurkan hasil produksi peternak sapi perah lokal yang bernaung di GKSI, sementara Kalbe Nutritionals adalah produsen untuk produk nutrisi nasional. Jadi kolaborasi ini memang ditujukan untuk meningkatkan kualitas susu yang diproduksi dan mengembangkan industri susu nasional,” papar Andy.

Saat ini, Kalbe Nutritionals menjadi perusahaan nasional yang bersaing dengan perusahaan susu multinasional di posisi 5 besar untuk kategori growing up milk. AdapunISAM dimiliki GKSI Nasional dan GKSI Jawa Barat adalah salah satu produsen susu segar terkemuka di Indonesia. Hingga kini, GKSI secara nasional merupakan wadah yang menaungi sekitar 100.000 orang peternak sapi perah lokal, dengan jumlah sapi kurang lebih sebanyak 300.000 ekor dan kapasitas produksi susu segar mencapai 1.600 ton per hari. 

Eksplorasi peluang kerja sama ini sebenarnya sudah dimulai sejak tiga tahun lalu, tepatnya di awal 2018. Pada tahap awal kemitraan ini, Kalbe Nutritionals memberikan milk can pada GKSI Jawa Barat, karena para peternak sapi perah lokal membutuhkan lebih banyak kontainer higienis untuk memastikan kualitas produksi susunya. 

Setelah kemitraan tahap awal ini, komunikasi antara manajemen kedua perusahaan terjalin semakin intensif dan berkembang ke arah kemitraan strategis. Hingga akhirnya disepakati Kalbe Nutritionals akan mengembangkan produk dalam kemasan Tetra Pak bersama ISAM. Selain itu, Kalbe Nutritionals juga telah memasang mesin Aseptic Filling Technology di ISAM untuk menghasilkan produk-produk Kalbe Nutritionals. 

Teknologi aseptik sendiri adalah teknologi pengolahan dan pengemasan makanan yang mampu menjaga makanan tetap aman dan terjaga cita rasanya setidaknya selama satu tahun - tanpa proses pendinginan atau penggunaan bahan pengawet. Proses aseptik memastikan bahwa makanan dan bahan kemasan bebas dari bakteri berbahaya saat makanan dikemas. Segala sesuatu dalam rantai produksi dipastikan sudah steril, termasuk bahan makanan dan pengemasan, serta semua mesin dan lingkungan tempat pengemasan dilakukan. 

Lebih jauh Totok Kurniawan, Head of External Production Kalbe Nutritionals menjelaskan bahwa di tahap awal kemitraan ini ditargetkan dapat menghasilkan 3 produk unggulan Kalbe Nutritionals, yaitu Susu Zee, Prenagen dan Entrasol. “Ini semua berjalan paralel. Jadi di tahap awal, kami memasang aseptic filling,lalu mulai memproduksi susu menggunakan existing formula, sambil mengembangkan beberapa formula produk yang paling tepat dengan menggunakan susu segar dari GKSI. Kami menargetkan dapat memasarkan produk kemitraan ini di awal tahun 2022,” jelas Totok. 

Sementara itu ISAM meyakini dengan dukungan produksi susu segar dari para peternak sapi perah lokal yang bergabung di GKSI, akan mampu memenuhi segala kebutuhan susu segar Kalbe Nutritionals,sehingga di masa depan diharapkan semua lini produk susu di Kalbe Nutritionals bisa diproduksi di PT ISAM.

Menurut Yusup Munawar, Manufacturing Director PT ISAM," Sejauh ini, kami memiliki fasilitas produksi yang bisa diandalkan. Harapan kami, kerja sama ini bisa berlangsung selama mungkin, karena kemitraan ini sudah sejalan dengan visi dan misi Kalbe Nutritionals sebagai penyedia healthy lifestyle nutrition di Indonesia dan PT ISAM sebagai produsen susu segar lokal yang berkualitas.:

Dalam hal produksi susu, Kalbe Nutritionals sudah melakukan pengalihan produksinya ke pabrik milik ISAM. Semua prosesnya pun juga telah melalui uji kendali mutu yang ketat.  Hingga kini, sebagai produsen nutrisi di Indonesia, Kalbe Nutritionals memiliki 17 mitra produksi. Kalbe Nutritionals sendiri memiliki fokus utama di sektor distribusi dan pemasaran, serta mengelola 3 pabrik internal. Dari 17 mitra produksi Kalbe Nutritionals, 15 di antaranya ada di dalam negeri, termasuk PT ISAM. Kelima belas mitra produksi ini tidak hanya memproduksi susu, melainkan juga produk-produk nutrisi kesehatan lainnya seperti sereal, biskuit, dan produk-produk lain.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)