Kamar Dagang Amerika Dorong Indonesia Lebih Peka terhadap Penghambat Pertumbuhan Ekonomi Inklusif

Kamar Dagang Amerika Serikat hari ini menyelenggarakan konferensi bertajuk “ Strengthening Indonesia’s Competitiveness : Business Investments in Sustainability, CSR, and Inclusive Growth. Pertemuan ini membahas tentang peran penting investasi asing guna mencapai pertumbuhan inklusif yang berkesinambungan baik di Indonesia maupun regional APEC. Bahasan lainnya mengarah pada inovasi CSR yang dilakukan oleh sederet perusahaan yang diwakili oleh korporasi Amerika dan Indonesia serta pejabat pemerintahan.

Tami Overby, Vice President Asia untuk Kamar Dagang Amerika

Kamar Dagang Amerika Serikat sendiri merupakan federasi bisnis terbesar di tingkat global yang mewakili lebih dari 3 juta bisnis dari berbagai ukuran, sektor, wilayah, kamar dagang, dan asosiasi industri baik dari negara bagian maupun lokal.

Adapun divisi internasionalnya terdiri dari 50 ahli regional dan kebijakan, 25 dewan bisnis dan inisiatif daerah dan wilayah khusus Kamar Dagang Amerika Serikat yang bekerja sama dengan 116 Kamar Dagang Amerika di luar negeri.

Tami Overby, Vice President Asia untuk Kamar Dagang Amerika menyatakan bahwa sebagai pemangku kepentingan, perusahaan-perusahaan Amerika berusaha untuk memainkan peranannya secara positif selaku PMA agar bisnisnya dapat berlangsung ke depannya. Diyakini oleh Overby, Indonesia memang potensial dari segi pasar. Oleh sebab itu, Kamar Dagang Amerika terus mendorong ekspansi aktivitas bisnis yang bersimbiosis mutualisme di antara keduanya.

“Indonesia punya masa depan yang cerah, namun masih harus memperhatikan masalah regulasi. Kami berharap makin ke sini, regulasi makin transparan serta dapat diprediksi, pembangunan infrastruktur juga makin digalakkan serta yang terpenting adalah pemberantasan korupsi," jelasnya.

Dengan menjadi pemimpin APEC, harapnnya Indonesia bisa mewujudkan kemajuan yang nyata, membuka lebar akses pasar bagi UKM, melindungi kekayaan intelektual, serta mengembangkan kewirausahaan. Dengan begitu, pertumbuhan yang merata dan berkesinambungan niscaya dapat terwujud. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)