Kekuatan Prudential Meraih Tiga Penghargaan SWA

Pada acara Indonesia Middle-Class Brand Forum & Awarding Ceremony, di Jakarta, Rabu (27/2/2013) malam, PT Prudential Life Assurance berhasil meraup tiga penghargaan sekaligus. Perusahaan asuransi ini berhasil menjadi yang terbaik dalam kategori asuransi jiwa, asuransi pendidikan, dan asuransi unit link.

Widyananto Sutanto, Assistant Vice President Corporate Communications PT Prudential Life Assurance

“Kami berterima kasih kepada SWA. Ini yang pertama kali diberi anugerah ini, dan sekaligus langsung menang tiga (kategori). Ini adalah hasil survei kelas menengah, kami juga berterima kasih kepada para partisipan yang sudah survei, dan memilih merek Prudential sebagai merek favorit mereka,” ujar Widyananto Sutanto, Assistant Vice President Corporate Communications PT Prudential Life Assurance, kepada SWA Online, selepas acara.

Dia menjelaskan, produk asuransi yang berkaitan dengan investasi, atau biasa disebut unit link, adalah produk utama Prudential. Asuransi pendidikan yang dipunyai oleh Prudential juga sebenarnya termasuk produk unit link. Di mana hasil investasi bisa dipakai untuk membiayai pendidikan. “Bukan produk (asuransi) pendidikan murni. Jadi, kalau kami diberikan kepercayaan oleh masyarakat bahwa produk Prudential yang mereka miliki bisa dipakai sebagai asuransi pendidikan yang menurut mereka baik, itu sangat kami syukuri,” jelasnya.

Widyananto melihat, perkembangan Prudential yang sekarang ini memiliki lebih dari 1,6 juta nasabah didorong oleh, salah satunya, kesadaran masyarakat untuk melindungi diri semakin besar. Selain itu, masyarakat juga melihat investasi merupakan suatu hal yang menarik. “Saya pikir karena (unit link) sifatnya fleksibel, dan orang semakin ter-expose dengan produk-produk seperti ini. Jadi, mereka semakin melihat ini memenuhi kebutuhan,” terangnya.

Selain itu, raihan Prudential ini juga tak lepas dari strategi utama perusahaan, yakni berusaha mendengarkan apa yang menjadi keinginan masyarakat. Sesuai dengan tagline Prudential sendiri adalah “Always listening, always understanding.”

“Sebenarnya strategi utama kami adalah mendengarkan. Mendengarkan dari survei-survei, dari berbagai macam riset. Dari situ kita bisa tahu keinginan masyarakat itu apa,” lanjut dia. Dari berbagai survei, sambung dia, perusahaan juga mengetahui bahwa peminat produk unit link masih cukup besar. Karena itu, Prudential pun akan mencoba menggarap minat masyarakat tersebut.

Di samping strategi, Prudential juga mempunyai kekuatan. Kuatnya merek Prudential menjadi salah satu kekuatan perusahaan. Kedua, perusahaan pun mempunyai kekuatan dalan hal jalur distribusi, yakni agen dan kemitraan dengan, misalnya, bank. “Keduanya kuat dan saling menunjang. Tenaga pemasaran kita izinnya sudah hampir 200 ribu. Itu kekuatan kami yang cukup besar,” tegas Widyananto.

Selain kedua hal tersebut, ia pun menyebutkan kekuatan lainnya yakni, “Last but not least tentunya kapabilitas operasional.  Kita sekarang sudah lebih dari 1,6 juta nasabahnya. Jadi, untuk terus memberikan layanan terbaik bagi mereka butuh kapabilitas operasional yang besar.” (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)