Kemenpar Semarakkan Pulkam dengan Pesona Mudik 2019

Libur Lebaran sudah menjadi tradisi sebagian besar masyarakat Indonesia untuk mudik atau pulang kampung (pulkam). Memanfaatkan momentum tersebut Kementerian Pariwisata mengajak anak milenial untuk mengikuti lomba foto Instagram #PesonaMudik 2019 dengan total hadiah Rp 300 juta.

Staf Khusus Menteri Pariwisata (Stafsus Menpar) Bidang Media dan Komunikasi, Don Kardono, menjelaskan lomba foto ini bertujuan untuk mengajak netizen berbagi infomasi seputar destinasi, kuliner dan event selama Ramadan hingga libur lebaran dengan tagar #PesonaMudik2019. Menurutnya, ini akan menjadi kantong informasi yang kaya konten bagi orang yang akan melakukan perjalanan mudik.

Lomba foto dibagi menjadi dua periode, periode pertama berlangsung pada 01-26 Mei 2019 dengan kategori lomba yaitu kuliner, dan destinasi wisata. Sementara untuk periode II akan dimulai 26 Mei- 10 Juni 2019 dengan kategori lombanya yaitu, kuliner, destinasi dan event. Nantinya setiap periode akan diambil 150 pemenang dengan masing-masing pemenang mendapatkan hadiah Rp 1 juta.

Mekanisme lomba di mana para peserta wajib mengirimkan foto pada akun media sosial masing-masing dengan terlebih dahulu memfollow @kemenpar @pesona_travel @pesonamudik2019 kemudian mention ke tiga media social tersebut. Kemudian sertakan caption singkat tentang foto tersebut dan beri tagar lomba Pesona Mudik 2019.

Kriteria penilaiannya 70% dari foto, 20% caption yang menarik dan 10% adanya interaksi, artinya di foto tersebut banyak yang memberikan like dan komentar. “Tahun ini kami menargetkan 10 ribu postingan, hingga saat ini sudah ada sekitar 5 ribu yang foto lomba Pesona Mudik 2019,”jelasnya saat Buka Puasa bersama dan Jumpa Pers Pesona Mudik 2019, di Balairung Soesilo Sudarman, Jakarta.

Pada kesempatan yang sama Ketua Tim Co-branding Kemenpar, Priyantono Rudito, menyampaikan pada mudik kali ini pihaknya melakukan kolaborasi dengan 18 mitra co-branding untuk melakukan berbagai aktivitas selama mudik lebaran. Dalam lebaran kali ini ada 18 mitra co-branding yang ikut serta menyemarakan, diantaranya 8 brand oleh-oleh kue artis dan 10 perusahaan mitra co-branding.

Perusahaan dan brand kue artis ini akan ikut meramaikan Lebaran dengan memberikan diskon dan kemudahan-kemudahan bagi masyarakat saat mudik. Misalnya Grab akan memberikan kupon potongan harga untuk memudahkan masyarakat saat mudik, kemudian BRI juga akan memberikan potongan 20% untuk pembelian oleh-oleh kue artis.

“Setelah bersilaturahmi, sebagian masyarakat akan berwisata, inilah yang ingin kami sentuh sehingga kami ingin memberikan layanan dan kemudahan kepada mereka saat mudik,” jelasnya.

Kemenpar juga memberikan referensi 10 Top Kuliner dan 10 Top Destinasi di setiap kota-kota tujuan mudik. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh infomarsi mengenai kuliner dan destinasi wisata di daerah-daerah tersebut. Priyantono mengungkapkan pihaknya telah meramu nya dari berbagai sumber.

“Saya berharap program-program Pesona Mudik 2019 ini bisa lebih menyemarakkan Ramadan dan mudik Idul Fitri tahun ini,” tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)