Kerikil Aerowisata Kembangkan Hotel dan Travel

Anak perusahaan PT Garuda Indonesia Tbk, PT Aerowisata tahun ini membangun hotel di Jagorawi dengan 110 kamar. Aerowisata juga akan menambahkan kamar hotelnya di Sanur, Bali, antara 80 hingga 100 kamar. Rencananya, penambahan tersebut akan dilakukan mulai Oktober 2012 hingga Juli 2013. Hotel tersebut mengincar wisatawan mancanegara terutama Eropa dan Australia.

"Kalau yang di Bali lebih ke negara-negara yang dulu Garuda terbang di sana, seperti Belanda, Spanyol, Prancis, Australia," ungkap Alexander Maria Tae Maneklaran, Direktur Utama Aerowisata.

Tak hanya hotel, Aerowisata juga berencana mengembangkan bisnis paket travelnya. Salah satunya pada akhir Mei 2012. Bersamaan dengan dibukanya rute baru Garuda ke Taipei, Aerowisata bekerja sama dengan agen travel lokal membuka paket wisata murah ke Taiwan. Paket ini termasuk dalam layanan Garuda Orient Holidays (GOH). Untuk menjalankan rencana tersebut, Aerowisata telah menggelontorkan dana Rp 5 miliar untuk investasinya. Paket travel ke Taiwan ini melengkapi negara tujuan GOH setelah Sydney, Tokyo, Osaka, Nagoya, Hongkong, dan Seoul.

"Tingkat ekonomi negara sedang maju, jadi bisnis travel semakin terbuka luas," tutur Alexander kepada reporter SWA usai Investor Day di BEI, Rabu 2 Mei 2012. Meski begitu, tak dipungkiri bahwa ia kerap menemui hambatan dalam mengembangkan bisnis ini.

"Sebetulnya ini tantangan. Tantangannya di SDM dan global security and safety," lanjut Alex. Untuk menghadapi tantangan SDM, Aerowisata menyelenggarakan pelatihan dan merekrut pegawai baru terutama untuk chef dan perhotelan. Terkait keamanan global, Alexander biasanya berkomunikasi dengan menteri pariwisata.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)