Kiat Gajah Tunggal Menjaga Kinerja Ekspor Ban

PT Gajah Tunggal dikenal sebagai salah satu raksasa produsen ban nasional yang gencar merambah pasar ekspor. Produk bannya sudah diekspor ke seluruh dunia. Pasar ekspor ban belakangan ini semakin kompetitif dengan hadirnya pemain Tiongkok yang makin agresif mengincar pasar global. Bagaimana kiat Gajah Tunggal menjaga dan meningkatkan kinerja ekspornya? William Gozali, GM Marketing & Sales Ekspor Gajah Tunggal menuturkannya kepada reporter SWA Online, Fardil Khalidi berikut ini:

Gajah-Tunggal-500x280

Bagaimana perkembangan ekspornya dalam 3 tahun terakhir? Apakah dari sisi nilai dan jumlah negara terus mengalami peningkatan?

Perkembangan ekspor kita dalam 3 tahun ini mengalami kondisi naik turun yang di sebabkan oleh kondisi ekonomi di Eropa dan Amerika Serikat yg belum menentu ditambahkan dengan ketegangan di wilayah Timur Tengah dan Afrika sehingga cukup mempengaruhi kondisi ekspor kita selama 3 tahun terakhir ini. Dari  segi jumlah negara kita ada penambahan yang kecil karena kita telah berhasil membuka pasar baru di Afrika dan Amerika Latin.

Apa saja yang dilakukan untuk terus meningkatkan ekspor? Apa tantangan yang hadapi dalam meningkatkan ekspor dan memperluas pasarnya?

Untuk meningkatkan ekspor salah satu upaya kita adalah dengan terus menerus mengembangkan produk-produk baru yang selain bisa bersaing dengan performa yang lebih baik di bandingkan dengan produk sebelumnya. Tantangan yang paling besar di pasar ekspor adalah makin kompetitifnya market terutama terhadap produk-produk dari Tiongkok yang saat ini sudah ada berapa dari mereka yang sudah dapat bersaing dengan lebih agresif dan kompetitif. Jadi kita pun harus tetap waspada dan tidak boleh lengah dalam persaingan untuk memperluas dan pengembangan pasar.

GT-Radial-500x356

Apa keunggulan yang ditawarkan kepada para buyers di luar negeri? Apakah keunggulan tersebut memang sudah dapat dijadikan andalan untuk berkompetisi dengan pemain-pemain lain (termasuk dari negara lain)?

Keunggulan kami di pasar ekspor adalah reputasi kami sebagai perusahaan yang sangat kompetitif, terpercaya dan konsisten. Tiga hal itu adalah modal utama kami untuk dapat terus menjadi pemain yang diperhitungkan oleh pasar. Banyak perusahaan yang bisa kompetitif sangat menghandalkan harga yang sangat kompetitif dengan kualitas dan performa yang cukup baik tetapi reputasi mereka di kalangan importer kurang baik tetap saja mereka akan menghadapi kesulitan untuk mengembangkan pangsa pasar mereka karena mereka kurang dipercaya dan tidak konsisten. Maka selain mengandalkan produk kita juga sangat mengandalkan kepercayaan dan konsistensi dalam hubungan kita dengan pelanggan kami sehingga pelanggan kami juga tidak menoleh kepada pesaing lain.

Apa saja pengalaman yang unik dan mengesankan selama menggarap pasar ekspor? Di negara mana yang dirasakan sulit untuk masuk ke pasar tersebut? Apa kendalanya ketika itu dan bagaimana mencari solusinya?

Selama 16 tahun saya sudah menggeluti bidang ekspor dan jika ditanya pengalaman yang unik dan mengesankan mungkin banyak sekali dan sangat sulit untuk diuraikan. Untuk saya yang sangat berarti adalah bagaimana saya harus bisa menyesuaikan diri dengan kultur dan cara masing-masing customer dari negara yang berbeda-beda hanya dengan membuat customer merasa nyaman dan percaya terhadap kita, maka semua masalah akan ada jalan keluarnya.

Semua pasar di dunia itu tidak ada yang sama sehingga kalau ditanya pasar mana yang sulit dimasuki saya rasa selama kita mempunyai tekad menurut saya tidak ada pasar yang sulit. Buat saya kata “impossible” itu sebenarnya adalah “I’m possible” sehingga kalau saya ketemu satu kesulitan di satu pasar saya akan coba pelajari solusi yang perlu saya lakukan supaya bisa masuk, kalau orang lain bisa kenapa GT tidak.

Ke depan, apakah GT optimistis ekspornya akan terus meningkat? Mengapa? Tahun 2014 dan tahun 2015 ditargetkan tumbuh berapa persen?

GT sangat optimistis bahwa ekspor kita akan terus meningkat karena memang kita masih mempunyai peluang untuk terus meningkat. Secara berapa persennya saya sulit untuk menjawabnya karena saat ini kondisi ekonomi di Eropa kurang stabil dan di Amerika Serikat biarpun secara ekonomi sudah membaik tapi masih banyak lagi hal-hal yang tidak pasti yg masih membuat pasar hanya bisa menunggu.

Apa dukungan yang diharapkan (dari pemerintah) dalam upaya meningkatkan ekspornya itu?

Menurut saya selama ini dukugan pemerintah untuk meningkatkan ekspor sudah baik terutama dukungan dari ITPC dan juga kedutaan Indonesia di luar negeri. Tapi dari dalam negeri kalau pemerintah dapat membantu pengurangan macet dan pungli-pungli yang memang tidak diperlukan saya rasa eksportir Indonesia akan dapat lebih bersaing lagi. (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)