Kiat Supaya Karyawan Tetap Betah di Perusahaan

PPm Management

Perkembangan dan persaingan bisnis tidak lepas dari sumber daya manusia (SDM). Dalam hal ini, karyawan yang menjadi kunci dan ujung tombak dari berbagai strategi dan inovasi yang dilakukan perusahaan perlu dilakukan secara manusiawi. Dijelaskan oleh Bramantyo Djohanputro, Direktur Eksekutif PPM Manajemen, SDM bukanlah obyek untuk dieksploitasi, tapi sebagai suatu aset yang menjadi kekuatan inti dari sebuah organisasi atau perusahaan.

Hal tersebut disampaikan di depan peserta Human Capital Forum (HC Forum) 2016 di Auditorium PPM Manajemen Jakarta (15/11/2016). Sebagai informasi, HC Forum digelar oleh PPM Manajemen sebagai wadah bagi para praktisi kajian sumber daya manusia. Melalui Forum ini, PPM Manajemen berharap akan terbangun pemahaman bersama untuk membangun sumber daya manusia Indonesia yang berwawasan global namun tetap mengakar pada budaya bangsa.

Lewat tema 'Employee Value Proposition', diharapakan perusahaan dapat melakukan employee branding untuk keberlangsungan sebuah organisasi atau perusahaan. “Employer Branding adalah upaya stratejik dari perusahaan dengan tujuan mengomunikasikan kepada karyawan saat ini maupun karyawan masa depan tentang organisasi tersebut sebagai tempat yang diinginkan atau yang terbaik untuk bekerja” jelas Dr. Eva Hotnaidah Saragih, MA, Undergraduate Program Director PPM.

Sementara itu, Tito Dipokusumo, Head of Sales Academy Indosat Ooredoo, menjelaskan, divisi SDM dalam sebuah perusahaan bukan lagi semata mengurusi absensi, remunerasi dan sebagainya. Tetapi harus juga masuk ke ranah strategis. Peraih Indonesia Future Human Resources Leaders 2015 itu melanjutkan, sudah seharusnya, perusahaan selalu bisa mengikuti perkembangan zaman dan senantiasa menangkap peluang.

Sebagai contoh Tito, menyebut masa keemasan telepon genggam dengan voice dan SMS yang menjadi pemasukan terbesar di industri telekomunikasi. “Tetapi sekarang? Kalah dengan internet (data) yang telah menyediakan segalanya. Untuk itu, berkembang mengikuti zaman itu perlu. Sebab kalau tidak, maka akan kalah dalam bersaing karena produk-produknya tidak lagi relevan dengan zamannya,” lanjut Tito.

Di pengujung diskusi, Achmad Fahrozi, Coordinator of PPM Center for Human Capital Development PPM Manajemen mengutip ungkapan Stephen Covey, “Perlakukanlah karyawanmu sebaik mungkin sebagaimana kamu ingin mereka memperlakukan customermu,”

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)