Kiat Telkomsel Mengembangkan T-Cash

Popularitas uang elektronik perlahan mulai mengalahkan uang tunai. PT Telkomsel punya rencana besar untuk e-money miliknya, T-Cash. Saat ini, penggunanya baru sekitar 750-800 ribu orang dan layanan masih terbatas di Jabodetabek dan Bandung.

“Meski begitu, merchant yang bisa melayani T-Cash sudah ada di seluruh Indonesia. Kami ingin mendorong (pertumbuhan) ke kota-kota besar lain seperti Medan, Makassar, dan Surabaya,” kata Rudy Hamdani, VP Mobile Financial Services Operations, Telkomsel.

tcashbandung

Untuk mendorong lebih cepat pertumbuhannya, lanjut dia, Telkomsel meluncurkan T-Cash Tap pada 2015 lalu. Fasilitas ini memudahkan masyarakat saat melakukan transaksi pembayaran karena tidak perlu lagi khawatir saat dompet tertinggal di rumah.

“Ada tiga hal yang mendorong T-Cash. Pertama, Telkomsel yang kuat jaringannya hampir mengcover 95% wilayah Indonesia, daerah perbatasan, dan daerah terpencil sudah tercover dengan BTS berjumlah 120 ribu di seluruh Indonesia,” kata dia.

Kedua, lanjut dia, Broadband atau LTE Telkomsel juga paling bagus di seluruh Indonesia. Ini bisa dilihat dari streaming video Youtube yang dilakukan pada Ekspedisi Elang Nusa, dari ujung Indonesia Timur hingga Barat terbukti stabil. Ketiga, perkembangan digital hingga ke desa-desa mendorong berkembangnya T-Cash.

“Telkomsel ingin berkontribusi pada negara lebih luas, bukan sekadar call, SMS, dan internetan. Inklusi finansial menjadi perhatian karena 60% lebih masyarakat kita belum bisa mengakses layanan keuangan,” kata dia.

Menurut dia, pelaku industri telekomunikasi seharusnya bisa berperan lebih besar dalam pembayaran digital dengan infrastruktur yang lebih bagus. Lewat T-Cash, masyarakat bisa melakukan pengiriman uang. Ini bisa membantu pemerintah dalam pencarian program dana BLT.

“Pemerintah ingin menyalurkan lewat digital. Misalnya, terima Rp 200 ribu tapi hanya Rp 100 ribu yang bisa dicairkan. Sisanya untuk membeli barang kebutuhan pokok. Ini sedang dikembangkan Kementerian Sosial bersama kami dan bank-bank BUMN,” ujar dia.

Upaya meningkatkan akses keuangan juga bisa dilakukan lewat 400 ribu agen pulsa milik Telkomsel. Mereka bisa dimanfaatkan sebagai agen Lakupandai dengan menggandeng Bank BTPN. Para agen bisa menjadi kepanjangan tangan dari T-Cash selain agen Grapari di seluruh Indonesia.

“Kami akan menggandeng convenience store seperti Sevel, Indomaret, dan lainnya untuk jual stiker T-Cash. Kami juga sedang menyiapkan deposit machine yang fungsinya seperti mesin ATM, bisa isi dan ambil uang. Kami juga memperbanyak merchant acceptance-nya, seperti Wendy's, Bakmi GM, McD, KFC, Studio XXI, dan lainnya,” ujar dia. (Reportase: Herning Banirestu)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)