Komitmen IIEF dalam Pengembangan Masyarakat Indonesia Hadapi AEC 2015

Indonesian International Education Foundation (IIEF) atau Yayasan Pendidikan Internasional Indonesia, mengadakan seminar bertemakan “The Importance of International Standards in English Language Proficiency Professional Development to Get Prepared for ASEAN Economic Community 2015 (23/6). Pada kesempatan ini IIEF juga berhasil meraih penghargaan dari Educational Testing Service (ETS) sebagai Country Master Distribution (CMD) untuk TOEFL® ITP.

Dalam acara yang dihadiri oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Bidang Pendidikan, Dr. Ir. H. Musliar Kasim, MS, IIEF berbagi informasi mengenai fakta akan kemampuan masyarakat di Indonesia dalam menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

IIEC (1)

IIEF merupakan sebuah organisasi Indonesia yang berkomitmen untuk mempromosikan pembangunan masyarakat Indonesia melalui pendidikan internasional. Selain itu, IIEF juga telah lama menjadi perwakilan di Indonesia untuk Educational Testing Service (ETS) untuk penyelenggaraan TOEFL® ITP.

Ujian TOEFL® ITP merupakan tes kompetensi bahasa Inggris yang dibuat secara khusus melalui proses panjang dan menjawab kebutuhan akan standarisari kemampuan berbahasa Inggris (English Proficiency) di seluruh dunia. Saat ini, IIEF telah mengelola TOEFL® ITP (Institutional Testing Program) bekerja sama dengan lebih dari 200 mitra di seluruh Indonesia.

Menurut Diana K. Jahja, Direktur IIEF, tahun 2012 total pengguna TOEFL® ITP adalah sebesar 44.487 orang, sedangkan di tahun 2013 jumlah tersebut melonjak naik menjadi 59.335 orang.  IIEF sebagai organisasi Indonesia yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia serta selalu berusaha membantu mereka mempersiapkan diri menghadapi Asean Economic Community (AEC) 2015.

Berbenah untuk ASEAN Economic Community (AEC) 2015

Tahun 2015 akan menjadi tahun perubahan, karena Indonesia akan memasuki perdagangan bebas dalam ASEAN Economic Community (AEC). Adapun tujuan yang hendak dicapai adalah penciptaan suatu pasar tunggal, yang mencakup perdagangan barang, perdagangan jasa (trade in services) termasuk tenaga kerja, maupun investasi. Perdagangan bebas di kawasan ASEAN memang dapat menjadi peluang sekaligus tantangan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Persaingan global membuat tantangan di masa depan semakin besar, dan tentu berdampak pada penggunaan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari.

Pemerintah yang diwakili oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan, Bapak Dr. Ir. H. Musliar Kasim, MS memberikan pernyataannya mengenai kesiapan manusia Indonesia menghadapi AEC 2015. “Kami menyambut baik peranan IIEF yang telah mengirimkan ribuan pelajar Indonesia melalui beasiswa pendidikan internasional di dalam dan luar negeri dan ikut serta serta dalam memfasilitasi ujian standarisasi kompetensi bahasa Inggris. Hal ini diharapkan dapat menjadi langkah konkrit dalam mempersiapkan Indonesia menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” ujarnya.

Country Master Distributor (CMD) di Indonesia

Sebagai penutup, IIEF mengumumkan penunjukkannya sebagai Country Master Distributor (CMD) untuk TOEFL ITP  di Indonesia oleh ETS. Status ini merupakan penghargaan tertinggi bagi institusi penyelenggara TOEFL® ITP di masing-masing negara perwakilan di seluruh dunia. Penghargaan ini semakin mengukuhkan peranan IIEF sebagai satu-satunya distributor tunggal TOEFL® ITP di Indonesia.

Anugerah ini diserahkan langsung oleh perwakilan ETS kepada IIEF atas pencapaiannya sebagai Country Master Distributor (CMD) di Indonesia. Bahkan IIEF telah berhasil mencapai tingkat penyebaran test center dan penyelenggaraan TOEFL® ITP terbesar di Asia Tenggara.  “Kami percaya bahwa manusia Indonesia akan jauh lebih unggul dikawasan ini, dan kami akan terus berjuang untuk mengawal perjalanan ini karena kami berdiri untuk melihat banyak manusia Indonesia yang dapat menjadi pelopor dalam memajukan lingkungannya,” ungkap Diana Kartika Jahja.

Beliau menambahkan bahwa TOEFL® ITP sudah tersedia di seluruh Indonesia, hal ini diupayakan IIEF untuk mempermudah akses bagi masyarakat Indonesia, karena TOEFL® ITP banyak menjadi persyaratan untuk mendaftar beasiswa di dalam dan di luar negeri. “Bekerja sama dengan guru Bahasa Inggris dan berbagai perguruan tinggi, IIEF berupaya memberikan dukungan agar pelajar-pelajar kita dapat berkembang dengan lebih baik dan terarah”, tambahnya

Sebagai informasi, Indonesian International Education Foundation (IIEF) adalah organisasi Indonesia yang berkomitmen untuk mempromosikan pemberdayaan sumber daya manusia melalui pendidikan internasional. Didirikan pada 1982, IIEF memiliki keahlian dalam empat area utama, yaitu Scholarship and Fellowship Management, Capacity Development Initiatives, Services to Education, dan Testing and Certification. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)