Konstruksi MRT Jakarta Meluas

Pembangunan angkutan publik MRT Jakarta semakin gencar. Bila tahun lalu tanda-tanda pembangunan telah terlihat di kawasan perkantoran Sudirman, maka di awal tahun ini, pekerjaan konstruksi masuk ke area Lebak Bulus.

"Kegiatan besar yang utama ini akan dimulai perkiraan sekitar tanggal 7 Januari. Ya, minggu depan," ujar Dono Boestami, Direktur Utama PT MRT Jakarta, di Jakarta, Kamis (2/1/2014).
mrt
Dalam proyek MRT Jakarta, stadion dan Terminal Lebak Bulus direncanakan menjadi lokasi Depo MRT. Selain itu, akan dibangun juga stasiun layang MRT Lebak Bulus. Sedangkan Jalan Pasar Jumat bakal dibangun viaduct atau jembatan penyanggah jalur MRT. Sejumlah rencana tersebut mulai direalisasikan sejak awal tahun ini.

"Itu merupakan lokasi Depo Lebak Bulus dan Stasiun Lebak Bulus," tambahnya. Karena proses pembangunan tersebut, Terminal Lebak Bulus yang ada sekarang tidak bisa lagi beroperasi secara penuh. Hal itu, kata dia, mulai berlaku tanggal 7 Januari mendatang. Di mana, terminal tersebut tidak lagi bisa melayani bus antar kota antar provinsi (AKAP).

Pengoperasian bus AKAP dipindahkan ke Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, Terminal Pulogadung, dan Terminal Pulogebang. Adapun Terminal Lebak Bulus hanya digunakan untuk angkutan dalam kota dan busway Transjakarta.

"Minggu depan, kami akan mulai pekerjaan, di mana kami melakukan pemagaran," tutur dia, melanjutkan. Pemagaran, ujar dia, ditargetkan berlangsung dalam enam bulan ke depan.

"Pekerjaan di area stadion Lebak Bulus adalah merupakan pekerjaan besar yang mencakup area yang luas sehingga dampaknya bagi masyarakat dan lalu lintas akan cukup besar. Karena itu kami mohon dukungan dan pengertian dari seluruh elemen masyarakat," tandasnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)