Management Trends zkumparan

Kualitas Bankir Berpengaruh pada Wajah Industri Perbankan

Heriyanto Agung Putra, Direktur Human Capital Bank Danamon.

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) melalui workshop bertajuk ‘Bank Danamon Berbagi Ilmu’ memberikan informasi seputar model pengembangan sumber daya manusia di industri perbankan, termasuk bagaimana menciptakan pemimpin dam karyawan yang berintegritas sehingga dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan industri keuangan nasional.

Sesi workshop yang dihadiri Heriyanto Agung Putra, Direktur Human Capital Bank Danamon, disampaikan bahwa pentingnya pengembangan sumber daya manusia sebagai salah satu aspek penting dalam menciptakan industri perbankan yang sehat dan maju. Perbankan merupakan industri yang diukur melalui kualitas layanan kepada nasabah dan tingkat kepercayaan masyarakat.

“Kedua hal ini memerlukan bankir-bankir yang berorientasi terhadap layanan terbaik dan memiliki integritas tinggi. Selain berkontribusi pada tingkat kepuasan nasabah dan kinerja perusahaan, pengembangan bankir berkualitas dapat mencegah terjadinya tindakan penyimpangan seperti fraud, yang tidak hanya merugikan perusahaan namun juga industri perbankan secara umum,” ujar Heriyanto. Untu itu, Danamon tidak memberikan tolerasi atas tindakan fraud karyawannya. Merupakan peran dari unit Human Capital atau SDM masing-masing perbankan untuk mencetak bankir-bankir tersebut yang memiliki integritas tinggi.

Dalam webinar ini, dijelaskan bahwa pengembangan bankir berkualitas dapat dimulai dengan program rekrutmen seperti program Danamon Bankers Trainee (DBT) di Bank Danamon yang bekerja sama dengan perguruan tinggi terkemuka untuk melakukan seleksi ketat, pelatihan, dan penempatan kerja guna mencetak calon-calon pemimpin perbankan masa depan. Program pelatihan dan pengembangan kemampuan juga menjadi bagian penting dalam mencetak bankir berkualitas tinggi. Bank Danamon menghadirkan pusat pelatihan Danamon Corporate University (DCU) di Ciawi, Bogor dan di kantor wilayah di beberapa kota besar di Indonesia.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan model pembelajaran yang mengarah kepada digital serta adanya kondisi pandemi ini, Bank Danamon terus mengembangkan model pembelajaran dan pelatihan yang mengoptimalkan teknologi dengan pola virtual melalui beragam fasilitas Learning Management System yang mengedepankan karyawan sebagai Centre Of learning di mana karyawan dapat mengakses dan memilih materi sesuai dengan kebutuhan pengembangannya. Saat ini juga pihaknya sedang mengembangkan pembelajaran model virtual reality Learning, sehingga selain mendorong learning culture juga karyawan dapat terus mengembangkan keahlian dan kemampuan mereka meskipun ada di manapun.

“Selain mengembangkan skill dan kapabilitas karyawan, tidak kalah penting bagi kami untuk memastikan karyawan menjunjung tinggi integritas serta tata kelola yang baik, menerapkan etika kerja bertanggung jawab, memiliki kesadaran terhadap potensi risiko atau risk awareness, dan memiliki rasa kepedulian terhadap masyarakat sekitar. Selain hal-hal tersebut kami juga tanamkan nilai-nilai perusahaan melalui berbagai program berkelanjutan dalam kaitan proses menerapkan nilai nilai perusahaan sebagai budaya di Organisasi, dan kegiatan kegiatan sosial yang memberikan karyawan peluang untuk secara sukarela membantu masyarakat yang membutuhkan” tambah Heriyanto.

Di sisi lain Bank Danamon juga mengembangkan metode peer to peer learning yang mendorong karyawan untuk melakukan sharing atas achievement/pencapaian, kinerja dalam menjalan role-nya di perusahaan, dan juga mengundang praktisi-praktisi atau ahli di bidangnya untuk mendapatkan external insight, menambah wawasan, memperluas jaringan dan juga menjalin kerjasama.

Baru-baru ini, unit Human Capital Bank Danamon meraih penghargaan Best Employer Brand Award dan Award for Excellence in Training dalam ajang 15th Asia’s Best Employer Brand Awards 2020 yang diadakan oleh World HRD Congress pada tanggal 10 Oktober 2020 lalu, juga meraih penghargaan dalam Excellence in Employer Branding, Excellence in Corporate Social Responsibility dan salah satu HR Leader of The Year dari HR Excellence, serta baru saja mendapakan penghargaan dari Majalan Swa dan NBO untuk kategori Indonesia Best Companies In Creating Leaders from Within 2020. Penghargaan ini merupakan pengakuan tingkat national dan international terhadap inovasi Bank Danamon dalam hal branding dan pelatihan bagi karyawan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved