Laba Bersih Naik 203,9%, Cathay Pacific Makin Ekspansif

Kinerja keuangan Cathay Pacific Group sepanjang tahun 2013 positif. Hal ini ditandai dengan kenaikan laba bersih 203,9%, yaitu dari HK$ 862 pada 2012 menjadi HK$ 2.620 tahun 2013. Sementara itu, earning per share melonjak dari HK$ 21.9 pada 2012 menjadi HK$ 66.6 tahun lalu. Alhasil, deviden per share juga meningkat sebesar 175% dari HK$ 0,08 tahun 2012 menjadi HK$ 0,22 pada 2013. Untuk omset tahun ini meningkat sebesar 0,1% menjadi HK$ 100.484.

cathay

Peningkatan income ini setidaknya dipengaruhi oleh beberapa hal krusial yakni penguatan bisnis penumpang dimana memberikan andil sebesar 2.4%, mempensiunkan dini pesawat Boeing 747-400 sehingga bisa menekan operational cost, penambahan frequensi penerbangan baik rute jarak dekat maupun jarak jauh, serta memulihkan sepenuhnya rute jarak jauh selama periode 2013 sesuai permintaan penumpang seperti Los Angeles, Toronto, New York yang sempat dibatalkan pada tahun 2012,” jelas Patton Chan, Country Manager Cathay Pacific for Indonesia, kepada media, Kamis (13/8).

Tentu saja kinerja yang positif itu membuat, managemen Cathay Pacific pun langsung tancap gas dengan memperkuat armadanya. Tercatat 19 unit pesawat baru digaetnya, antara lain; lima pesawat Airbus A330 – 300, sembilan pesawat Boeing 777 – 300ER dan lima Boeing 747 – 8F. Ditambah lagi, perusahaan penerbangan asal Hong Kong ini pun menambah frekuensi penerbangan pesawatnya, misalnya yang tadinya hanya ada tiga kali dalam seminggu ditambah menjadi empat kali.

cathaymanajmen

Selain itu, Cathay Pacific juga telah menjalin kerja sama dengan Dragonair (anak perusahaan Cathay Pacific) , di mana rencananya pada 27 April 2014 mendatang akan dibuka rute peneberangan Denpasar – Hong Kong. Adapun layanan penerbangan tersebut akan dimulai sebanyak dua kali seminggu, yakni Kamis dan Minggu.

Denpasar akan menjadi tujuan pertama Dragonair di Indonesia. Ini juga akan menjadi tujuan ke-15 yang diluncurkan atau dilanjutkan oleh maskapai penerbangan sejak April 2014. Saat ini Dragonair sudah mengoperasikan layanan harian antara Hong Kong dan Bali di mana maskapai tersebut akan beroperasi dengan total sembilan penerbangan mingguan,” jelas Patton ketika disinggung soal market Indonesia.

Lebih jauh lagi, Patton menambahkah bahwa untuk menjaga kepercayaan para penumpangnya, Cathay Pacific juga mengoptimalkan pembangunan fasilitas sarana dan prasarana. Misalnya saja pembukaan lounge seluas 2.567 meter persegi di lantai 5 dari West Concourse di HKIA yang memberikan nuansa elegan dan nyaman bagi para penumpang kelas utama dan kelas bisnis.

Ada beberapa layanan fasilitas yang kami upgrade yakni The Bridge yang terbuat dari ubin kaca dari Italia. Kemudian ada the Bakery, yang menawarkan varian roti khas Asia dan Barat. Ada pula Long Bar yang menawarkan berbagai macam minuman, makanan kecil dan tapas panas dan dingin. Selain itu interior dalam pesawat untuk kelas utama dan bisnis juga kita tata se-elegan mungkin,” Christopher Patt, Komisaris Cathay Pacific, menambahkan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)