Laba Turun, MU Tambah 16,7 Juta Saham di Wall Street | SWA.co.id

Laba Turun, MU Tambah 16,7 Juta Saham di Wall Street

Klub sepakbola Manchester United (MU) berencana untuk mendapatkan dana segar sebesar US$ 330 juta melalui penambahan 16,7 juta sahamnya di bursa Wall Street, New York.

Seperti dilaporkan BBC, total pendapatan MU per semester I 2012 mencapai £ 315 juta dan £ 320 juta, turun sebesar 5% dari periode yang sama tahun lalu. Penurunan itu merupakan yang terbesar dari pendapatan siaran yaitu 11-13% terkait gagalnya klub tersebut lolos ke 16 besar Liga Champions.

Dalam dokumen yang diajukan bersama dengan Komisi Pasar Saham dan Sekuritas, klub sepakbola ini mengatakan akan menjual 16,7 juta saham dengan harga US$16 dan US$20 per lembarnya.

Menurut Majalah Forbes, MU disebut sebagai klub yang paling menguntungkan dengan pendapatan US$ 2,23 milliar atau sekitar Rp 21 triliun. Sejak 2005 lalu, MU dimiliki oleh keluarga milliarder AS Glazer, yang juga pemilik tim football Amerika Tampa Bay Buccaneers.

MU menyatakan pendapatan dari penjualan saham itu akan digunakan untuk membayar utang. Klub ini memiliki utang £ 437 juta atau Rp 6,4 trilliun dan £ 70 juta atau Rp  1 trilliun uang tunai. (BBC/Lila Intana)

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)