Layanan ISS: Dari Cleaning Service Hingga SPG Rokok

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Ruangan yang bersih juga enak dipandang. Inilah salah satu bisnis utama ISS Indonesia. Sebagai perusahaan alihdaya (outsourcing), ISS juga menyediakan jasa layanan keamanan, parkir, dan katering. Presdir dan CEO ISS Indonesia, Elisa Lumbantoruan mengatakan, ISS punya peluang besar untuk tumbuh dengan keunggulan yang dimiliki, yakni jumlah karyawan yang banyak yakni 60 ribu orang.

Untuk itulah, perseroan mengincar banyak klien dari sektor industri sebagai bagian dari rencana pengembangan bisnis. Tak hanya di jasa kebersihan gedung kantor, sekolah, dan pusat perbelanjaan, mereka mulai agresif menggarap sektor lain seperti energi, penerbangan, hingga rokok. “Dalam satu tahun terakhir, bisnis baru kami adalah Industrial Cleaning yang tidak digarap pemain lain,” katanya.

Elisa Lumbantoruan - President Director ISS Indonesia Elisa Lumbantoruan - President Director ISS Indonesia

Dia mencontohkan jasa pembersihan pembangkit listrik yang memerlukan keahlian khusus untuk menghindari risiko terjadinya kebakaran. Mereka juga mendapat kontrak membersihkan eksterior maupun interior pesawat Garuda Indonesia dan Citilink, serta Sriwijaya Air. PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga memanfaatkan jasa mereka untuk kereta kelas eksekutif.

“Layanan ISS Indonesia yang paling besar adalah cleaning service. Kedua, security guard. Kemudian, gardening, parking, pembersih gedung bertingkat, dan pest control. Ke depan, ISS Indonesia akan memberikan solusi total kepada klien. Ada yang minta SPG juga kami tangani,” katanya.

Layanan baru perseroan antara lain, pencatatan meteran listrik PLN di Pulau Kalimantan dan Sumatera. Permintaan untuk keperluan kantor seperti office boy, call center juga bisa dipenuhi. Layanan yang tengah berkembang di luar negeri seperti pemeliharaan mekanis dan listrik seperti pemeliharaan lampu, lift, AC, juga mulai diminati di Indonesia. Saat ini sudah ada 5 klien untuk layanan tersebut.

“Kami juga ada layanan katering tapi masih terbatas untuk mining site di tengah hutan dan off shore. Kami mengerjakan semua, dari cleaning service rumah tinggal mereka, katering, laundry, housekeeping. Ini namanya Camp Management. Salah satu yang kliennya adalah United Tractor,” katanya. (Reportase: Herning Banirestu)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)