Lewat Pasar Malam, Produk UKM Indonesia Unjuk Diri di Belanda

Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan kembali berpartisipasi pada kegiatan Pasar Malam Indonesia (PMI) yang diselenggarakan di Lapangan Malieveld, Den Haag, Belanda, pada 20-24 Maret 2013. Dalam ajang tersebut, kementerian pun mengikutsertakan sejumlah usaha kecil dan menengah (UKM).

“Keikutsertaan ini, selain untuk mempromosikan produk dan kebudayaan Indonesia di luar negeri, juga ditujukan untuk mempertahankan kehadiran produk Indonesia di pasar Belanda yang secara emosional memiliki kedekatan hubungan dengan Indonesia,” ujar Bayu Krisnamurthi, Wakil Menteri Perdagangan, di Belanda, Rabu (20/3/2013) waktu setempat.

PMI merupakan kegiatan promosi terpadu perdagangan, pariwisata, dan investasi terbesar di Belanda dan Eropa. Tak hanya itu, acara yang telah diselenggarakan sejak tahun 2010 ini juga menampilkan pementasan seni budaya asli Indonesia.

Tahun ini merupakan tahun keempat digelarnya PMI oleh KBRI Den Haag. Pada kesempatan ini, kementerian memfasilitasi 16 pengusaha UKM dari berbagai daerah di Indonesia yang sudah melalui kurasi produk yang diselenggarakan.

“Tahun ini kami mengikutsertakan pemenang Pangan Award 2012 yang diselenggarkan oleh Direktorat Dagang Kecil Menengah dan Produk Dalam Negeri Kemendag. Hal ini dilakukan guna mempromosikan produk makanan khas Indonesia ke mancanegara dan sebagai bentuk dukungan terhadap penyelenggaraan kegiatan dimaksud,” jelas Bayu.

Paviliun Ditjen PEN dibangun dengan menggunakan desain spesial di atas lahan seluas 200 meter persegi. Produk-produk yang ditampilkan, antara lain interior batik, fashion, kerajinan kulit sapi, aksesoris, tas dari anyaman bambu yang dikombinasikan dengan batik dan kulit, kerajinan serat kelapa, pakaian bordir dan perhiasan semi precious stone, serta mutiara dan perak. “Kegiatan ini diharapkan bisa menarik perhatian generasi muda Belanda yang selama ini mendengar tentang Indonesia baik dari media ataupun dari nenek-kakek atau orang tua mereka,” ujar Bayu.

Sebagai informasi, PMI diselenggarakan pertama kali oleh KBRI Den Haag pada tahun 2010. Saat itu pameran berlangsung selama lima hari dengan pengunjung mencapai 33.000 orang. Tahun 2011, pameran berlangsung selama tujuh hari dengan jumlah pengunjung mencapai 30.000 orang.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)