Lingkungan Fokus Utama Kegiatan Operasional Antam

Sebagai perusahaan tambang yang mengeksplorasi mineral berupa emas, nikel, dan bauksit di berbagai lokasi di Indonesia, PT Aneka Tambang (Antam)Tbk sudah mengintegrasikan aspek lingkungan dalam kegiatan operasional penambangannya, mulai dari proses penambangan, pengolahan, hingga pengelolaan lingkungan. Apa saja yang dilakukan Antam dalam menjalankan green company? Arief Armanto, Public Relations Antam, memaparkannya kepada Istihanah dari SWA Online berikut ini.

antam

Apa saja strategi dan tahapan yang dilakukan perusahaan Anda untuk menjalankan program green company ini?

Aspek lingkungan sudah menjadi fokus utama dalam kegiatan operasional dari Antam, kami menerapkan best mining practice di setiap kegiatannya. Best mining practice itu dari proses penambangan, proses pengolahan, pengelolaan lingkungan, sampai dengan pelaksanaan tanggungjawab sosial perusahaan. Dalam tahapannya, ada kebijakan-kebijakan perusahaan, seperti kebijakan operasional, kebijakan lingkungan, termasuk kebijakan CSR yang ada dalam misi kami dan diturunkan kedalam aktivitas operasional. Ini semua adalah komitmen kami dalam pelaksanaan yang menunjukan siapa kami sebenarnya.

Aspek apa saja yang menjadi fokus utama dalam pelaksanaan green company di perusahaan Anda?

Kalau aspek menjalankan green company adalah semua aspek, mulai dari eksplorasi sampai pertambangan sudah tertuang dalam rencana dokumentasi seluruh kegiatan operasional dan itu sudah menjadi aturan seperti itu. Sejak tambang baru dibuka kami sudah harus memikirkan bagaimana menutupnya, sudah tertuang dalam dokumentasi kegiatan operasional itu. Kami juga memiliki investasi untuk jaminan reklamasi sejak pertama kami ingin menambang dan kami juga melakukan efisiensi untuk penghematan energi, air, yang tidak hanya kami lakukan di kantor, tetapi akan kami lakukan juga di lapangan.

Apa saja tantangan yang Anda hadapi dalam menjalankan green company?

Tantangan yang paling besar dalam melaksanakan green company ini adalah dari pihak eksternal. Karena kami adalah sebuah perusahaan pertambangan yang bergerak di bidang pengelolaan sumber daya alam, kami memiliki lima unit operasi , emas yang terletak di Banten dan Pongkor, nikel yang terletak di Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara, dan bauksit berada di Kalimantan. Seperti yang kami ketahui bersama dalam pelaksaan kegiatan penambangan, faktor penambang liar itu sangat besar sekali, seperti di unit bisnis kita yang kami sudah melakukan faedah-faedah yang benar dan dengan adanya penambang liar yang mengganggu proses operasional. Kalau dari internal sendiri seperti tanah yang miring atau rawan longsor, tantangan itu para pekerja kami sudah bisa mengatasi hal-hal semacam ini.

Bagaimana perusahaan Anda mencari solusi dengan kendala yang dihadapi dalam melaksanakan green company?

Solusi yang kami lakukan memerlukan integrasi dari semua pihak sebenarnya, usul kami adalah kami perlukan intergrasi dari semua pihak. Antam sebagai pihak yang diberikan kewenangan oleh pemerintah untuk menambang, berfokus ke proses penambangan dan menjaga lingkungan, sementara untuk menjaga keamanan tentu saja pihak kepolisian yang berkewenangan, sehingga kami mengintegrasikan terhadap pihak kepolisian.

Apa perusahaan Anda memiliki organisasi sendiri di bidang green company ini?

Di Antam untuk program ini berada di bawah pengawasan direktorat lingkungan yang di pimpin oleh seorang vice president.

Apa sudah ada hasil program green company?

Program ini adalah untuk mengurangi dampak operasional, setelah itu perusahaan kami melakukan aktivitas lainnya di luar sekadar dampak operasional langsung. Komitmen kami terhadap komunitas atau CSR bidang lingkungan. Kami juga melakukan penanam pohon di daerah Pongkor, Cisarua, yang kami harapkan bisa mengurangi banjir di Jakarta.

Bagaimana dengan dampak kinerja keuangan dengan adanya program green company ini?

Secara kuantitatif dengan mengadakan best mining practice atau green company, dengan mengurangi dampak langsung dampak operasional perusahaan, tentu akan meningkatkan efektivitas perusahaan kami. Proses penambangan itu membutuhkan air, tetapi dengan adanya program ini kami bisa mendaurulang air untuk proses penambangan dan bisa mengurangi cost kami. (***)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)