Lion Air: Wajar Asing Incar Bisnis Penerbangan RI

Persaingan yang makin kencang di industri penerbangan Indonesia mengingat pemain asing terus meramaikan pasar dinilai Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait, sebagai hal wajar. Dengan pasar yang begitu besar serta kesempatan mengeruk untung sangatlah tinggi, lumrah bila pemain asing mengincar Indonesia.

Sejauh ini persaingan dengan pelaku bisnis asing di industri penerbangan, dirasa Edward Sirait sebagai hal yang tidak bisa dihindari dan harus dijalankan. Masuknya para pelaku asing ke Indonesia, menurut Edward sebagai hal yang lumrah. Dengan pasar yang begitu besar di Indonesia, tentu banyak pelaku asing yang ingin terjun ke pasar di Indonesia.

Kondisi seperti saat ini tentu tidak dapat terlepas dari peran negara dalam mengelola situasi di dunia industri penerbangan Indonesia. Edward meyakini, bahwa apa yang pemerintah lakukan dalam menjaga kondisi dunia industri merupakan berasal dari kebutuhan para pelaku usaha lokal itu sendiri. Berbicara mengenai peran pemerintah dalam mengatur dengan mengeluarkan sejumlah regulasi pada suatu bidang industri, Edward berpandangan bahwa sampai saat ini regulasi yang dikeluarkan pemerintah tidak memberikan hambatan yang terlalu besar bagi usahanya.

Lebih lanjut, Edward mengatakan tentang perbandingan antara pelaku bisnis penerbangan asing dengan lokal, menurutnya hingga saat ini tidak terlalu ada perbedaan. Hanya saja yang membedakan adalah jumlah pasar yang diincar oleh perusahaan itu sendiri. Edward mengatakan, bahwa mengapa perusahaan asing lebih terlihat “bermain” di Indonesia, hanya lebih disebabkan karena memang Indonesia menjadi pasar yang sangat potensial, dengan jumlah penduduk yang cukup besar. Sedangkan jika perusahaan penerbangan lokal ingin membuka pasar dinegara lain, tentu harus diperhatikan lebih dahulu mengenai jumlah pasar disana, dan itu lebih menjadi perhatian yang utama bagi perusahaan penerbangan lokal.

Satu hal yang pasti, Edward katakan, bahwa jika perusahaannya ingin membuka rute penerbangan di luar negeri atau dengan kata lain ingin meraih pasar di negara lain, hal yang paling utama adalah perjanjian antar negara dalam hal ijin penerbangan ini. Selama sudah ada perjanjian antara Indonesia dengan negara lain, Edward menegaskan, itu sudah terbuka jalan untuk membuka rute penerbangan atau pasar penerbangan di negara lain.

Untuk itu, peran pemerintah sangat penting dalam membantu berkembangnya perusahaan penerbangan di Indonesia. Baik perannya di dalam negeri maupun perannya ke luar negeri. Sejauh ini, Edward merasa apa yang dilakukan pemerintah sudah benar dan tidak merugikan perusahaannya. Disamping itu,Edward merasa pemerintah juga sudah men-deliverd apa yang diinginkan pelaku usaha lokal.

Tinggal yang sebaiknya dilakukan oleh para pelaku lokal adalah lebih memnafaatkan pasar domestik yang Indonesia punya. Karena menurut Edward, pasar di Indonesia masih sangat besar dan bisa dimanfaatkan. Setelah kira-kira pasar di dalam negeri sudah habis namun kapasitas dari perusahaan tersebut masih tersisa banyak, baru Edward menyarankan untuk membidik pasar di luar negeri. Tentu itu harus dengan persiapan yang sangat baik.(Acha)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)