Logitech Tak Mau Tergerus Zaman

Perkembangan pesat pada industri tablet dan smartphone semakin menggerus pasar PC (personal computer) seperti desktop, laptop, notebook atau netbook.

Menurut laporan yang diluncurkan oleh lembaga riset International Data Corporation (IDC), pengiriman PC global di kuartal IV 2012 hanya mencapai 89,8 juta unit, menurun 6,4% jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada 2011.

Fenomena ini otomatis akan berdampak juga bagi penjualan peralatan penunjuang (aksesoris) PC seperti mouse, speaker, keyboard, dll.  Bagaimana produsen aksesoris melihat hal tersebut?

Untuk mengetahui jawabannya, berikut perbincangan SWA Online dengan Kurniadih Sutanto, Country Manager dari perusahaan Logitech yang merupakan produsen aksesoris PC.

Bagaimana Logitech yang memproduksi aksesoris PC, menyiasati semakin berkembangnya pasar tablet dan smartphone?

Kami terus mengembangkan produk yang bisa dihubungkan bukan hanya PC. Yang terpenting device tersebut bisa mendukung typing information, misalnya Windows 8, Android atau juga IOS, semuanya bisa di-support typing. Jadi produk kami bisa lebih universal.

Inovasi tahun ini yang akan dikembangkan Logitech seperti apa?

Selain keyboard tahan air yang baru diluncurkan, di industri PC kami nanti akan lebih banyak mengeluarkan produk navigasi untuk Windows 8. Saya belum bisa menyebutkan detilnya untuk produk baru. Yang jelas kami juga baru saja mengeluarkan dua touch mouse untuk Windows 8.

Bagaimana menurut Anda pasar PC untuk tahun ini?

Kami justru melihat pasar PC gairahnya mulai meningkat lagi. Windows 8 juga banyak diterima di market, karenanya kebutuhan akan aksesorisnya menjadi sangat penting. windows 8 itu navigasinya menggunakan layar sentuh, cuma permasalahannya ketika kita mengetik di layar sentuh, maka akan mengurangi produktivitas, harus berpindah dari keyboard ke layar. Belum lagi akan memakan space layar, melakukan copy-paste, select sangat sulit di layar sentuh. Jadi orang tetap membutuhkan keyboard.

Itu tadi untuk PC, bagaimana dengan tablet? produk aksesorisnya akan seperti apa?

Kami baru saja melaunching ultrathin keyboard cover untuk tablet. Produk ini bisa untuk smart cover, bisa untuk keyboard juga dan bisa dihubungkan dengan mudah. itu merupakan the best selling keyboard untuk iPad. Pasti iPad akan keluarkan produk baru, Android juga, Windows juga akan mengeluarkan produk-produk tabletnya dan kami akan terus menyesuaikan.

Produk apa yang paling besar kontribusinya untuk Logitech?

Produk kami sangat luas, keyboard, webcam, earphone, gaming product, headset, dll. Kontribusi terbesar memang paling banyak dari navigation device, besarannya lebih dari 50%.

Dalam waktu dekat, apa ada produk navigation device lagi yang bakal dilaunching?

Yang kami lakukan adalah terus menyempurnakan produk. Misalnya konsumen sering mengeluh navigation device dengan teknologi wireless sering putus-putus, baterainya cepat habis. Akhirnya kami menciptakan navigation device yang hemat baterai. Bisa mencapai tiga tahun dengan menggunakan baterai biasa yang dijual di pasaran. Kemudian dari sisi jangkauan juga jauh lebih baik, tidak putus-putus lagi karena semua produk kami menggunakan advan 2,4 GHz yang sudah disertifikasi postel Indonesia.

Pasar untuk aksesoris PC sendiri seperti apa di Indonesia?

Signifikan sekali pertumbuhannya. Indonesia sendiri pertumbuhannya terbesar ke-2 untuk aksesoris.

Untuk produk aksesoris wireless pasarnya seperti apa?

Pasarnya masih di kisaran belasan persen jika dibandingkan dengan aksesoris dengan kabel. Produk wireless Logitech sendiri kontribusinya  keseluruhan produk kami sangat besar, jauh lebih besar dari belasan persen. Kami sangat dominan di pasar produk aksesoris wireless, bahkan kami yang men-drive market.

Bagaimana gambaran produk wireless Logitech tahun ini?

Sama, kami masih akan fokus untuk Windows 8. Ada pula yang baru yakni, untuk produk-produk gaming. Karena gaming tumbuh jauh lebih profesional di PC gaming. produk-produk gaming itu mencakup keyboard, mouse, headset, gamepad, joystick, dll. Cukup luas jajaran produk gaming kami.

Memang PC gaming masih besar dibanding tablet gaming atau mobile gaming?

Yang sekarat itu sebetulnya bukan PC gaming, melainkan console gaming. Kita semua tahu, console gaming lama sekali memperbarui produknya. Orang akhirnya beralih ke PC gaming. Memang PC gaming bisa dimainkan di tablet ataupun smartphone, namun orang yang biasa main di PC akan sangat sulit berpindah. PC gaming yang kami tuju ini lebih ke profesional gamers. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)