Luncurkan E-Bike Courier, JNE Ingin Birukan Langit Ibu Kota

Perusahaan kurir ekspres dan logistik, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menelurkan terobosan baru dengan meluncurkan E-Bike Courier: tim kurir intracity JNE yang dipersenjatai sepeda listrik. Layanan ini diluncurkan guna memberikan solusi pada kemacetan Jakarta agar kiriman tersampaikan dengan tepat waktu, aman dan efisien. Lebih dari itu, E-Bike Courier ini juga menjadi salah satu perwujudan semangat JNE sebagai green company.

“Penggunaan sepeda listrik oleh kurir kami merupakan salah satu alternatif untuk meminimalisir kendala pengiriman akibat kemacetan. Ini terjadi karena mobilitas sepeda lebih gesit,” jelas Johari Zein, Direktur Pengelola JNE.

Penggunaan sepeda listrik ini JNE yakin dapat menghemat ongkos produksi, khususnya dari segi bahan bakar minyak (BBM). Sebagaimana dijelaskan M Feriadi, Direktur Penjualan dan Pemasaran JNE, BBM menjadi komponen ketiga yang mempengaruhi harga jual. Sebagai perusahaan kurir dan logistik, JNE memiliki 3 komponen yang mempengaruhi penjualan seperti Surat Muatan Udara, gaji, dan BBM. “Dengan E-Bike Courier ini kami yakin dapat melakukan penghematan secara signifikan,” tutur Feriadi tanpa merinci lebih lanjut.

Saat ini, E-Bike Courier baru akan beroperasi di wilayah Jakarta saja, khususnya daerah segitiga emas (Thamrin, Sudirman, Gatot Subroto, Kuningan, dan Senayan). JNE telah menyiapkan 5 unit e-bike untuk menjangkau wilayah tersebut. “Ke depan, kami akan menambah armada lagi, dan bahkan tidak menutup kemungkinan di seluruh kota besar Indonesia kita ada E-Bike Courier,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Operasional JNE mengatakan E-Bike Courier sejalan dengan layanan pengiriman di bawah 500 gram atau dokumen. “Pengantaran ini inline dengan layanan Pelikan milik JNE,” kata Edi Santoso seraya menambahkan sampai akhir tahun ini akan ada 10 armada e-bike. Saat ini, secara rata-rata ada lebih dari 2 juta kiriman per bulan yang dikirimkan JNE.

“Kami berharap langkah kami diikuti perusahaan logistik lainnya. Sehingga, kita bisa bersama-sama membirukan langit Jakarta,” pungkas Feriadi.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)