Magister Manajeman UI Kembangkan Peminatan Pasar Modal

IMG_0424

Seiring dengan pertumbuhan pasar modal Indonesia yang pesat dan semakin meningkatnya minat investor dalam berinvestasi, ketersediaan tenaga professional yang berlisensi di pasar modal sangat dibutuhkan agar dapat mewujudkan pertumbuhan yang konsisten dan berkelanjutan di tahun-tahun mendatang. Untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang memumpuni, Universitas Indonesia (UI), melalui program studi Magister Manajeman Fakultas Ekonomi dan Bisnis, mengembangkan kembali peminatan pasar modal. Peminatan yang sudah di ada di tahun 2001, akan tetapi pertumbuhan pasar modal yang cepat serta kebutuhan SDM yang meninggi membuat Magister Manajeman Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia merombak kurikulumnya di tahun 2015. Selain itu, MM-FEB UI juga menggandeng Melbourne Business School   untuk menjadi partner dalam mengembangkan kurikulum di peminatan pasar modal.

Mengapa menjalin kerja sama dengan Melbourne Business School? Rifelly Dewi Astuti, S.E., M.M., Head of Public Relation and Public Information Office UI, mengatakan Melbourne Business School masuk ke dalam 8 besar universitas di Australia. Selain itu,  universitas ini juga sudah lama menjalin kerja sama dengan UI.  “Dalam re-launching di tahun 2015, MM memang harus mempunyai partner kerja sama di internasional,” tambahnya.

Selain dengan Melbourne Business School, MM-FEB UI juga menjalin kerja sama dengan Perhimpunan Pendidikan Pasar Modal Indonesia (P3MI) PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEIL), PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dan didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ir. Nurhaida, MBA, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, menyampaikan dukungannya atas program kemitraan ini. “Kami berharap melalui program ini kebutuhan tenaga profesiaonal di pasar modal dapat terpenuhi.” kata Nurhaida.

Bertempat di Galeri Bursa Efek Indonesia, Jumat 20 Maret 2015, MM-FEB UI melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Melbourne Business School. Penandatanganan dilakukan oleh Dekan FEB-UI Prof. Ari Kuncoro, Ph.D dan Associate Dean (International Relations) Melbourne Business Scholl Prof. Ian O. Williamson, Ph.D, disaksikan oleh Kepala Eksekutif Pengwas Pasar Modal OJK, Ir. Nurhaida MBA, Direksi BEI, Direksi KPEI, direksi KSEI, para pemimpin UI, FEB_UI, dan Magistes Manajemen Universitas Indonesia, perwakilan dari Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI), dan Asosisasi Bank Kustodian Indonesia (ABKI). Melalui penandatangan tersebut, maka Melbourne Business School telah resmi menjadi mitra luar negeri untuk MM-FEB UI dalam menjalankan program pendidikan Manajemen Pasar Modal.
IMG_0422

Peminatan Manajemen Pasar Modal memberi pengetahuan analisis startegis dari sudut pandang manajeman, bisnis, dan regulasi serta fokus pada sektor pasar modal untuk menjadi Wakil Perantara Pedagang Efek, Wakil Perantara Emisi Efek, maupun Wakil Manajer Investasi. Mahasiswa program Manajemen Pasar Modal berkesempatan untik meraih beasiswa dari Self-Regulatory Organizations (SRO) dengan cara mengikuti tiga kali ujian sertifikasi selama mengikuti pendidikan di MM-FEB UI. Ujian sertifikasi ini bertujuan untuk mendorong pertambahan professional di pasar modal yang memiliki sertifikasi sesuai dengan profesinya, sehingga lebih mampu menghadapi tantangan global. Daya tampung mahasiswa peminatan pasar modal MM-FEB UI adalah 25 mahasiswa.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)